BASAbali Wiki
Workshop bersama SMPN 1 Kerambitan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Di tengah rendahnya tingkat partisipasi publik terhadap isu-isu sipil, Pemerintah Provinsi Bali berupaya untuk menggunakan wadah digital di tingkat akar rumput untuk meminta saran kepada masyarakat mengenai cara apa yang dapat dilakukan pemerintah untuk membantu meningkatkan pariwisata Bali di tengah pandemi.

BASAbali Wiki adalah sebuah organisasi yang terbentuk dari komunitas para seniman, advokat,  mahasiswa  dan  cendekiawan  yang  telah  bekerja  bersama-sama  untuk membuat sebuah platform yang dapat digunakan publik untuk berbagi, berdebat, menyimpan,  dan  menyoroti  topik  penting  di  kalangan  masyarakat.

Director of Communication di BASAbali Wiki, Ni Nyoman Clara Listya Dewi dalam rilis resmi pada Sabtu (22/1/2022) lalu mengatakan, sejak  2014 platform yang telah digunakan oleh lebih dari 2,3 juta orang ini, memiliki bagian khusus dalam ruang komunitas digital untuk memasukkan berbagai informasi seputar biografi  para  tokoh  Bali,  informasi  seputar  Covid-19,  masukan  dari  para  generasi milenial, dan masih banyak lagi.

“Untuk pertama kalinya, sebagai bagian dari kompetisi Wikithon Partisipasi Publik yang disponsori oleh Swiss Fondation Botnar, platform digital BASAbali Wiki digunakan oleh pemerintah secara khusus untuk meminta masukan publik tentang berbagai kegiatan pemerintah lewat kompetisi Wikithon Partisipasi Publik,” jelas Clara.

Baca Juga :  BASAbali Wiki Gelar Wikithon Lingkungan Hidup

Wikithon Partisipasi Publik diadakan mulai tanggal 21 Desember 2021 hingga 13 Januari 2022 (bit.ly/wikithon4bali).

Terdapat 140 karya yang masuk dan dinilai langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, Sekretaris Utama Badan Ekonomi Kreatif BAPAREKRAF, Ni Wayan Giri Adnyani, dan  Ketua  Forum  Komunikasi  Desa  Wisata, I  Made  Mendra  Astawa.

BASAbali Wiki
Workshop Wikithon bersama Responden. Sumber Foto : Istimewa

Para juri tersebut juga memberikan masukan atau komentar terhadap karya peserta untuk meyakinkan   peserta   bahwa   karya   mereka   benar-benar   didengarkan   oleh   para pemangku kebijakan.

Ia berharap, masyarakat  untuk  memberikan  komentar  dan  voting  terhadap  entri pilihan mereka.

“Namun kami menemukan kecurangan dalam proses voting pemenang kategori favorit. Maka, kami memutuskan untuk menggunakan kesempatan tersebut untuk mendorong komunitas menggunakan platform digital dengan lebih berintegritas sehingga kejadian ini secara tidak langsung turut mendukung dalam mengembangkan budaya digital yang jujur,” jelas Clara.

Pemenang Wikithon akan diumumkan pada 28 Januari 2022. Lewat kegiatan ini, BASAbali Wiki   bertujuan   untuk   menginspirasi   terciptanya   debat   sipil   yang konstruktif dan produktif tentang isu-isu publik. Project ini akan kami laksanakan dalam kurun waktu 3 tahun ini dan sedang mengembangkan hal serupa di Makassar, Sulawesi bersama Rumata Art Space sebagai mitra.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini