Vokasi Honda
Festival Vokasi Satu Hati Meriahkan Dunia Pendidikan Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Festival Vokasi Satu Hati yang diikuti para pelajar dan tenaga ajar di 712 SMK mitra binaan perusahaan. Beragam rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak Januari hingga April 2022 ini menjadi salah satu upaya AHM untuk terus bersinergi dengan dunia pendidikan untuk mencetak SDM unggul dan siap terjun di dunia kerja.

Kegiatan yang pertama dilakukan AHM ini menghadirkan beragam kegiatan yang diselenggarakan bersama main dealer Honda di seluruh Indonesia, seperti Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru dan Vocational Video Challenge. Ajang kreativitas bagi guru serta pelajar ini, terlebih dahulu dilaksanakan seleksi tingkat regional sejak awal Januari hingga Februari yang nantinya akan terpilih sebanyak 27 peserta guru dan 40 murid untuk masuk dalam tahap seleksi tingkat nasional.

Selain untuk guru dan siswa, pada bulan Maret, Festival Vokasi Satu Hati akan menggelar Nastional Assement for SMK untuk monitoring dan kalibrasi kesiapan proses belajar dari sisi fasilitas, kegiatan kurikulum ajar dan kesiapan tenaga ajar. Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup dengan sesi apresiasi yang diberikan kepada dunia pendidikan baik untuk sekolah, para pengajar dan para siswa pada bulan April 2022.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan Festival Vokasi Satu Hati merupakan terobosan positif guna memacu SMK binaan yang tersebar di 34 Provinsi agar terus  mengembangkan  setiap  potensi  dan  kompetensi  yang  ada  dalam  lingkup  sekolah. Harapannya, para siswa dan guru dapat semakin adaptif dengan situasi dan perkembangan teknologi.

Baca Juga :  Suzuki Motor Bali Serahkan Unit Suzuki Burgman Street 125EX ke Konsumen Pertama

”Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus berkomitmen untuk mengembangkan semua kompetensi yang dimiliki sekolah. Melalui Festival Vokasi Satu Hati, kami juga akan mengalibrasi kesiapan proses belajar mengajar dari hulu ke hilir, mulai dari kesiapan tenaga ajar hingga sarana fasilitas sekolah. Ini ikhtiar kami dalam berkontribusi mendorong kemajuan vokasi di Tanah Air,” ujar Muhibbuddin, Kamis (13/1/2022).

Pada program Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru, para peserta kontes melakukan prakter kerja teknikal yang dilakukan secara Online dengan waktu 10 menit dan membawakan materi ajar yang sesuai kurikulum SMK yang implementasikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda. Para peserta dinilai berdasarkan materi ajar yang dibuat, cara membawakan materi, dan kesesuaian materi ajar dengan kurikulum.

Baca Juga :  Tebar Pengaruh TIK dan Pola Asuh Gen-Z, Mahasiswa Polstat STIS Lakukan PKL di Buleleng

Pada program lainnya yakni Vocational Video Challenge bagi para siswa, para peserta ditantang untuk membuat video belajar sepeda motor Honda berdurasi maksimal 10 menit. Video yang dikirimkan siswa terbagi menjadi 3 tema materi, yaitu pememeriksaan tegangan Battery dan pengukuran Peak Voltage, penggantian Seal Front Fork ataupun bongkar pasang Valve In dan Valve Ex. Pembuatan video dilakukan di laboratorium SMK masing-masing dengan unit sepeda motor Honda dan peralatan sesuai prosedur kerja di industri, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dalam pengawasan guru pembimbing di sekolah. Semua kontestan yang masuk sebagai finalis nasional akan memperebutkan beasiswa pendidikan puluhan juta rupiah.

Sementara itu, National Assesment for SMK 2022 akan mengevaluasi terhadap kinerja SMK mitra binaan AHM secara holistik yang secara konsisten dilaksanakan secara rutin setiap tahun dan akan menjadi nilai rapor SMK mitra binaan. Adapun aspek penilaian melihat beberapa sisi yakni sarana dan prasarana SMK, sistem dan administrasi SMK, kesiapan tenaga ajar hingga prestasi SMK.

Festival Vokasi Satu Hati 2022 ditutup dengan rangkaian acara webinar menarik yang mengulas dunia pendidikan dan industri, sehingga dapat menambah wawasan para peserta yang hadir dalam kegiatan ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News