Fogging
Cegah Penularan DBD, Warga Br. Samping Buni Lakukan Fogging. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), Warga Br. Samping Buni Desa Pemecutan Kelod melaksanakan Fogging Focus secara swadaya Minggu (16/1/2022). Hal ini disampaikan Perbekel Desa Pemecutan Kelod, I Wayan Tantra saat dihubungi

Menurut Tantra sebagai pemerintah desa pihak Desa Pemecutan Koled memohon bantuan obat fogging ke Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Sedangkan untuk tenaga, solar dan lain sebagainya merupakan swadaya dari warga Br. Samping Buni.

“Hal itu dilakukan dalam upaya mengantisipasi terjadinya DBD,” kata Tantra.

Ia menjelaskan dalam kegiatan ini pihaknya memohon obat foggingnya saja ke Dinas Kesehatan, mengingat obat untuk fogging sangat susah dibeli di luar dan tidak boleh sembarangan orang boleh membelinya. Meskipun demikian pelaksanaan fogging berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga :  Selain Covid-19, Wabup Suiasa Ingatkan Ancaman DB

Lebih lanjut Tantra Mengatakan, pelaksanaan fogging memang tidak bisa mencegah penyakit DBD secara tuntas, namun setidaknya dapat membunuh nyamuk dewasa. Untuk mencegah penularannya pihaknya telah mengajak Jumantik di masing-masing banjar untuk datang kerumah-rumah warga untuk sosialisasi dan edukasi dalam pencegahan penularan DBD dengan melakukan 3M.

Untuk memaksimalkan upaya penegahan DB pihaknya juga mengajak kesadaran masyarakat untuk ikut dalam menjaga kebersihan lingkungan di rumah masing-masing.

“Kembali kami ingatkan bahwa memberantas DB tidak cukup dengan turunnya petugas kesehatan dan masyarakat hanya dengan melakukan fogging. Akan tetapi, harus ditindaklanjuti dengan menjaga kebersihan lingkungan setelah fogging dilakukan,” katanya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini