Prasasti
Bupati Tabanan Tanda Tangani Prasasti Pura Catur Muka. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Usai lakukan persembahyangan dalam rangka Tumpek Uye di Pura Ulun Danu, jajaran Pemerintah Kabupaten Tabanan, dalam hal ini Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., hadiri langsung Undangan Melaspas lan Mendem Pedagingan lan penandatanganan Prasasti di Pura Catur Muka, Sabtu (29/1/2022).

Acara yang berlangsung di Pura Catur Muka Banjar Adat Bengkel Kawan, Desa Bengkel, Kecamatan Kediri Tabanan ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD, Sekda Tabanan, Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Kabupaten Tabanan, Camat Kediri beserta Unsur Muspika, Perbekel dan Kelian Adat Bengkel, serta diikuti oleh masyarakat setempat.

Pembangunan yang berlangsung selama kurang lebih 3 bulan serta menggunakan anggaran sejumlah 115 Juta Rupiah tersebut, dilakukan dengan gotong-royong dan kekompakan warga Banjar Adat Bengkel Kawan. Hal tersebut tentunya menuai apresiasi yang sangat baik dari Bupati Tabanan. Sanjaya, juga menyebutkan peresmian ini mengambil hari yang sangat baik, bertepatan dengan Kliwon Uye atau Tumpek Kandang.

Rasa bangga juga ia sampaikan, terhadap warga kecamatan kediri, atas upayanya yang kompak untuk terus menerus membangun, demi terwujudnya Visi Tabanan dari Hulu ke Hilir, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali, Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Tabanan Era Baru Yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Baca Juga :  PLN Ajak Masyarakat Tabanan Beralih ke Kompor Induksi

“Ini ada di point 4 tentang Pelestarian, Adat, Agama dan Budaya, menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM). Jadi Pembangunan kita ke depan bisa saling terintegrasi dari hulu, tengah dan hilir secara sekala dan niskala,” sebut Sanjaya.

Pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun mendatang, bagi Sanjaya sangat erat kaitannya dengan pembangunan secara niskala.

“Pembangunan melalui upacara ngenteh linggih ini dimulai dari bawah dulu, ke tengah dan ke atas agar merata. Jadi pembangunan ini memang harus berproses, tidak bisa instan,” ujarnya lagi.

Oleh sebab itu, ia bersama Pemerintah Kabupaten Tabanan terus berkomitmen untuk mewujudkan keinginan masyarakat, dan bekerja secara optimal melalui pembangunan infrastruktur yang berangsur.

“Hampir 90% pembangunan jalan ini sudah kita lakukan, dalam masa 1 tahun kepemimpinan Jaya-Wira, jadi apa yang menjadi program desa, banjar, apa yang jadi program kecamatan, mari kompak Bersatu membangun Tabanan,” tambahnya.

Menanggapi harapan Bupati Tabanan, I Ketut Sutama, S.Sos., selaku Kelian adat dan ketua panitia juga sampaikan ungkapan terima kasihnya terhadap perhatian dan dukungan langsung dari Pemerintah.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Tegaskan, Spirit Tumpek Wayang Diterapkan Untuk Wujudkan Tabanan Era Baru

“Pemkab Tabanan sangat luar biasa, betul-betul mensupport kami, sehingga saya selaku kelian adat juga merasa nyaman dan terus terayomi. Kita di sini akan buktikan langkah gerak kita dalam mewujudkan pembangunan di Tabanan. Semoga tahun ini 2022, infrastruktur jalan di sini juga bisa diwujudkan,” ujarnya. Peresmian kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini