Literasi
Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara bersama Ketua FK PUSPA Kota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, serta Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Literasi, Kamis (9/12/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Lomba Literasi dengan tema ‘Anak Cerdas Gemar Literasi’ digelar Pemkot Denpasar dalam rangkaian Hari Anak Nasional, Kamis (9/12/2021) di Dharma Negara Alaya.

Pelaksanaan Lomba Literasi diikuti peserta dari tingkat PAUD, SD dan siswa SMP dengan total peserta 62 orang. Kegiatan ini sebagai suatu rangkaian dalam mendukung Denpasar sebagai Kota Layak Anak dengan kategori utama.

Pelaksanaan lomba ditutup Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. Hadir pula Istri Wakil Wali Kota Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa yang juga selaku ketua Forum Komunikasi Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (FK PUSPA) Kota Denpasar, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, serta Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Denpasar, Dewa Nyoman Sudarsana.

Ny. Sagung Antari Jaya Negara dalam sambutannya menyampaikan anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu diberikan tuntunan, bimbingan dan dorongan dalam tumbuh kembangnya baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun sekitarnya. Sesuai tema kegiatan lomba hari ini yaitu ‘Anak Cerdas Gemar Literasi’ merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan minat, bakat dan kemampuan yang dimiliki serta kreativitasnya, karena melalui kegemaran berliterasi di usia dini seperti  membaca, menulis, berhitung dan sains yang dapat membentuk karakter anak  bangsa sehingga nantinya memiliki mental yang kuat  dan tangguh dalam kesehariannya.

“Dengan giat dan gemar belajar literasi kita dapat menerima manfaat dalam meningkatkan kreativitas, seperti salah satu siswa SMA di Kota Denpasar yang mampu menghasilkan karya seni dari kegemaran belajar literasi,” ujar Ny. Antari Jaya Negara.

Disamping itu menurunya sesuai tingkatan literasi saat ini yaitu memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dapat diimplementasikan untuk menciptakan sesuatu yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan, hal ini menjadi semakin penting guna menghadapi kompetensi global. sehingga mampu beradaptasi terhadap perubahan dan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat.

Baca Juga :  Gelar Aksi Sosial di Buleleng, TP PKK Bali Salurkan 3 Ton Beras

“Pada kesempatan ini, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kota Denpasar yang bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Denpasar, serta didukung para penggiat literasi serta semua pihak yang peduli pada anak untuk terus mengupayakan kegiatan-kegiatan literasi di Kota Denpasar untuk mewujudkan generasi yang literat demi ‘Denpasar Maju’,” ujarnya.

Sementara Ketua APSAI Kota Denpasar, dr. I Gusti Agung Ayu Decy Partiwi mengatakan kegiatan Lomba Literasi kali ini merupakan lanjutan dari kegiatan Work Shop Literasi Menulis Cerpen yang diadakan pada Bulan Oktober lalu. Lomba Literasi terbagi menjadi tiga yakni kategori TK/PAUD berupa lomba bercerita dengan judul ‘Aku dan Sekitarku’, Tingkat SD kategori lomba bercerita rakyat dengan menceritakan kembali isi buku yang dibaca. Sementara untuk tingkat SMP berupa lomba menulis cerpen dengan sub tema ‘Aku di Masa Pandemi Covid-19’. Lomba memperebutkan Juara I, II, III hingga Juara Harapan I-III dan memperoleh Piala dan Piagam.

Baca Juga :  Ayu Pastika Ajak Bangun Kesadaran Tangani Sampah dengan Tindakn Nyata

Berhasil meraih Juara I dari kategori TK/PAUD diaraih Nyoman Kinandhita Adelia Prawira, asal sekolah PAUD Saraswati III Denpasar, Juari I Lomba Bercerita SD diraih I Made Danendra Daksa Dharmana, asal sekolah SD Cipta Dharma, dan Juara I Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMP diraih Rohadatul Aisy Dzahabiyah asal sekolah SMPN 7 Denpasar.

“Selamat kepada para pemenang, peran dan upaya mendorong literasi di masyarakat tidak hanya tugas dan tanggungjawab kalangan pendidikan, namun juga peran dari keluarga juga sangat memegang peranan penting,” ujarnya.(adv/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini