IDI Badung
Pelantikan Pengurus IDI Cabang Badung Periode 2021-2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta mengucapkan selamat kepada Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Badung yang baru dilantik.

Besar harapannya melalui wadah organisasi dan kepengurusan yang baru ini IDI mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang timbul di bidang kesehatan sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Sehingga IDI tetap berperan penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas dan derajat kesehatan masyarakat.

Selain itu Bupati mendorong sepenuhnya para dokter muda menjadi agen perubahan (agent of change) untuk kembali pada tugas pokoknya dengan satu konsep melayani masyarakat. Hal tersebut ditekankan Bupati Giri Prasta saat menghadiri pelantikan Pengurus IDI Cabang Badung Periode tahun 2021-2024 di ruang pertemuan Kertha Gosana, Puspem Badung, Minggu (12/12/2021).

Pelantikan Pengurus IDI Badung dilakukan oleh Ketua IDI Wilayah Bali diwakili Wakil Ketua IDI Wilayah Bali dr. I Nyoman Rudi Susantha, berdasarkan surat keputusan PB IDI Pusat. dr. I Nyoman Gunarta kembali terpilih sebagai Ketua IDI Cabang Badung. Acara tersebut dihadiri Majelis Kode Etik Kedokteran Wilayah Bali, Dekan Fakultas Kedokteran Unud, Ketua IDI Cabang Kabupaten/Kota se-Bali, Direktur Rumah Sakit di Badung serta Ketua Organisasi Profesi Kesehatan.

Baca Juga :  Dinas Sosial Badung Berdayakan Perempuan Rawan Sosial Ekonomi Melalui Pelatihan Tata Rias

Lebih lanjut, di masa pandemi Covid-19 ini, Bupati mengajak seluruh pengurus IDI Badung tetap kuat bergerak bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang setulus-tulusnya. Bupati juga melakukan beberapa evaluasi terhadap IDI, salah satunya berkenaan dengan majelis kehormatan etik kedokteran yang nanti dapat memberikan edukasi sampai ke akar rumput, sehingga pola kerja dan pola pikir menjadi sama.

Selain itu IDI agar mampu mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam memberikan pelayanan kesehatan yang layak bagi masyarakat, terlebih ditengah situasi pandemi Covid-19. Dengan kemajuan Iptek kedokteran yang demikian pesat, diharapkan tetap mengasah diri sehingga dapat memanfaatkan kemajuan tersebut untuk masyarakat luas.

Baca Juga :  Dukung Penyelenggaraan WWF Ke-10, Pemprov Bali Akan Gelar Upacara Segara Kerthi

Ketua IDI Cabang Badung, dr. I Nyoman Gunarta menyampaikan, proses pelantikan ini merupakan proses lanjutan dari musyawarah cabang pada bulan April, kemudian keluar SK PB IDI pada Juli terkait dengan kepengurusan IDI Cabang Badung yang baru. Semenjak keluarnya SK PB IDI, pengurus baru telah mulai melakukan tugas, wewenang dan tanggung jawab pengurus. Ditambahkan, mengacu pada RPJMN 2020-2024, dibidang kesehatan terjadi transformasi.

Bila diamati, akan terjadi transformasi di layanan primer dan sekunder, transformasi di bidang ketahanan kesehatan dalam menghadapi suatu wabah atau pandemi, transformasi dalam SDM kesehatan, pembiayaan maupun manajemen kesehatan. Terhadap hal ini, IDI harus bisa mengemban peranan sebagai partner strategis pemerintah baik tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, sehingga memberikan suatu masukan, saran dan strategi konstruktif kepada pengambil kebijakan, sehingga pembangunan kesehatan dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

Sementara sambutan Ketua IDI Wilayah Bali yang disampaikan Wakil Ketua, dr. I Nyoman Rudi Susantha sangat salut atas dukungan yang begitu besar yang diberikan Pemkab Badung, terutama Bupati Badung kepada IDI Cabang Badung. Ini dapat dilihat dari salah satu misi Pemkab. Badung yaitu meningkatkan kualitas SDM yang berlandaskan pada penguatan pendidikan, kesehatan dan perekonomian masyarakat. Untuk itu sinergitas yang telah terjalin baik ini agar terus ditingkatkan.

“Semoga sinergi dan kerjasama ini dapat berjalan dengan baik, demi mendukung pembangunan nasional serta memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News