Hari Ibu
Jadi Narasumber Talkshow Hari Ibu 2021, Sagung Antari: Perempuan Berperan Penting Dalam Keluarga, Ekonomi dan Pelestari Budaya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peran perempuan dalam keluarga dan masyarakat di masa kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Setidaknya, perempuan memegang peran penting dalam bidang keluarga, ekonomi dan pelestari budaya.

Hal ini disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat menjadi narasumber di Talkshow bertema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju dalam peringati Hari Ibu di Radio RPKD 92,6 FM Senin (20/12/2021).

Dalam talkshow ini turut menghadirkan narasumber lain, yakni Owner Bali Tangi, Made Yuliani Djayanegara dan Kabid Kualitas Hidup Perempuan Kualitas Keluarga, Data dan Informasi DPPPAKB Luh Emik Eka Indriyani.

Lebih lanjut Ny. Sagung Antari mengatakan, Bali merupakan daerah yang menjunjung tinggi budaya, hingga saat ini masih berakar kuat di setiap gerak langkah kehidupan masyarakatnya. Kokohnya budaya Bali tidak terlepas dari peran perempuan Bali yang dikenal tangguh dan pekerja keras.

“Perempuan Bali itu multitasking dapat dikatakan mempunyai peran ganda dalam kehidupan kesehariannya. Peran keluarga perempuan sebagai ibu rumah tangga yang melayani suami, anak, orang tua maupun mertua, perempuan juga berperan penting dalam keluarga, ekonomi dan pelestari budaya,” jelasnya.

Sagung Antari menjelaskan, dapat dikatakan bahwa peran keluarga yang dijalankan oleh perempuan Bali sangat vital, karena masa depan generasi penerus bangsa tergantung pada bagaimana seorang ibu mendidik anak-anaknya, menanamkan budaya melalui nilai-nilai hidup budi pekerti, moral dan spiritual.

Baca Juga :  Ekspresikan Kasih Sayang di Hari Ibu, Astra Motor Bali Ajak Konsumen Honda Ikuti Video Kontes #TresnaIbu Berhadiah Emas

Selanjutnya perempuan juga memiliki peran ekonomi, hal ini terlihat dari peran perempuan sebagai penunjang kesejahteraan ekonomi keluarga. Tuntutan ekonomi membuat perempuan Bali harus berusaha membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan bekerja.

“Untuk peran pelestari budaya, Perempuan Bali tidak perlu diragukan lagi, peran ini dilaksanakan dalam bentuk aktivitas adat keagamaan seperti mempersiapkan banten hingga menyelesaikan rangkaian upacara keagamaan,” ujar Sagung Antari.

Menurut Ny. Sagung Antari Jaya Negara dalam Pemberdayaan Perempuan di masa pandemi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dalam menghadapi pandemi Covid 19. Pemerintah Kota Denpasar melalui gerakan TP.PKK Kota Denpasar telah melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mendukung pemberdayaan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di masa pandemi.

Baca Juga :  Video Pendek Kreativitas Hari Ibu, Bali Raih Terbaik Tingkat Nasional

Hal ini lanjut Sagung Antari dikemas dalam program ketahanan pangan keluarga TP PKK Kota Denpasar membentuk Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK). Dimana ini merupakan kegiatan masyarakat khususnya ibu-ibu PKK memanfaatkan halaman rumah dan sekitarnya dengan tujuan untuk mempertahankan ketahanan pangan dan juga untuk menambah penghasilan keluarga.

“Melalui program ini masyarakat didorong membentuk tanaman pangan lestari di lingkungan desa maupun rumahnya. Program ini telah dilaksanakan dengan membentuk wanita-wanita kelompok tani dan dasa wisma di 15 desa dan kelurahan di Kota Denpasar,” ujarnya.

Taman pangan lestari ini juga sebagai tempat sebagai untuk memperkenalkan masyarakat tentang jenis-jenis tanaman. Selain itu pihaknya juga mengumpulkan pengusaha-pengusaha dengan memberikan pelatihan-pelatihan seperti disain, cara mengemas yang cantik pemasaran digital.

Baca Juga :  Putri Koster Ajak Semua Pihak Bersinergi Wujudkan Zero Kasus Baru HIV/AIDS

“Semua itu dilakukan untuk mengangkat industri rumah tangga supaya berkualitas,” ungkapnya.

Ny. Sagung Antari Jaya Negara menambahkan, perempuan atau Ibu masa kini dengan tantangan kemajuan zaman harus pintar mengatur waktu. Terlebih saat ini perempuan wajib multitasking. Dalam kesempatan ini pihaknya juga mengajak seluruh perempuan dan ibu di Kota Denpasar untuk bersama-sama menjaga kesehatan serta mencegah stunting.

“Menyambut Hari Ibu PKK Kota Denpasar mengemban tugas dari Ketua TP PKK Pusat maupun TP PKK Provinsi untuk ikut serta mencegah stunting, kami berpesan kepada ibu-ibu yang hamil dan memiliki balita untuk menjaga gizinya. Supaya anak itu lahir dan tumbuh tidak stunting karena dari ibu-ibu yang hebat dan tangguh akan lahir generasi yang cemerlang sebagai penerus bangsa Indonesia,” jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini