Stunting
Cegah dan Mempercepat Penurunan Angka Stunting, Antari Jaya Negara Kembali Serahkan Bantuan PMT. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya mencegah dan mempercepat penurunan angka stunting di Kota Denpasar Tim Penggerak PKK Kota Denpasar secara gencar menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada ibu hamil dan anak kurang gizi yang ada di Kota Denpasar. Setelah dilakukan secara door to door kini bantuan PMT diserahkan secara terpusat atau fokus di Kantor Lurah dan Kantor Desa.

Kali ini Sabtu (10/12/2021) Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Istri Wakil Wali Kota, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana kembali menyerahan bantuan PMT di Kelurahan Penatih, Desa Penatih Dangin Puri, Desa Kesiman Kertalangu, Kelurahan Kesiman dan Kelurahan Sumerta Kecamatan Denpasar Timur.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, sasaran bantuan PMT yang dilaksanakan TP PKK Kota Denpasar sebanyak 186 orang balita kurang gizi dan 152 orang ibu hamil.  Dari jumlah tersebut bantuan yang sudah tersasar sebanyak 141 orang ibu hamil dan 176 orang balita.

“Untuk sisanya akan diserahkan pada Senin, 13 Desember besok,” ungkap Ny. Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Wilayah, Kelurahan Peguyangan Gelar Pendataan Duktang dan Sambangi Rumah Penduduk yang Mudik

Lebih lanjut Ny. Antari Jaya Negara mengatakan, kegiatan ini juga mendukung program Pemerintah Pusat dan Program PKK Provinsi Bali dalam mencegah angka stunting. Sehingga penyerahan bantuan PMT kepada ibu hamil dan balita yang kurang gizi dilaksanakan secara gencar dan berkelanjutan.

Menurut Ny. Sagung Antari pada masa pandemi Covid-19 ibu hamil termasuk warga yang rentan terdampak Covid-19. Untuk itu pihaknya memberikan bantuan makanan tambahan  bagi ibu hamil. Jika tidak diperhatikan maka bayi bisa berisiko stunting. Mengingat asupan makanan yang bergizi pada ibu semasa hamil, bisa mencegah terjadinya stunting.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Kegembiraan Berlimpah Saat Idul Fitri Melalui Unparalleled Network Services Guaranteed

Dalam kondisi pandemi, Tim Penggerak PKK Kota Denpasar tetap fokus pada kesehatan ibu hamil dan balita khususnya balita yang kurang gizi. Dengan pemberian makanan tambahan bagi  ibu hamil dan balita  kurang gizi diharapkan dapat mencegah dan mempercepat penurunan angka stunting di Kota Denpasar.

Ny. Sagung Antari mengaku sengaja menyerahkan bantuan ini secara langsung untuk melihat kondisi Ibu Hamil dan tumbuh kembang balita yang kurang gizi. Jika ada dalam kegiatan tersebut ditemukan permasalahan maka segera bisa ditindaklanjuti.

Ny. Sagung menambahkan bantuan PMT ibu hamil dan balita kurang gizi diberikan sesuai dengan data yang diberikan oleh Posyandu . Untuk itu dalam kegiatan ini Ny. Sagung Antari mengharapkan agar para ibu hamil dan ibu-ibu yang memiliki balita untuk selalu mengikuti kegiatan posyandu yang ada di banjarnya masing-masing.

Baca Juga :  Kelurahan Renon Laksanakan Pendaftaran Penduduk Non Permanen dan Sosialisasi Kamtibmas

“Dengan mengikuti kegiatan posyandu balita dan ibu hamil tidak tercecer, sehingga jika kemudian hari ada bantuan atau kegiatan dari pemerintah bisa semuanya mendapatkan layanan,” tegasnya.

Selain itu Kader Posyandu yang ada di Banjar juga sudah aktif, untuk itu mohon kerjasama ibu-ibu hamil maupun yang memiliki balita untuk aktif mengikuti kegiatan posyandu. Karena jika terjadi sesuatu maka  bisa segera ditindaklanjuti. Dalam kesempatan itu Ny. Sagung tidak lupa mengingatkan para ibu hamil dan orang tua balita untuk tetap mentaati protokol kesehatan.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News