Pisang
Bupati Bangli Tanam Ratusan Bibit Pisang Cavendish. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Dalam rangka mengembangkan sistem pertanian terintegrasi di Kabupaten Bangli, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, menanam ratusan bibit pohon pisang Cavendish.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat (17/12/2021) berlokasi di Banjar Padpadan, Desa Pengotan, Bangli, dihadiri pula oleh Ny. Sariasih Sedana Arta, Ny. Suciati Diar, Anggota DPRD Kabupaten Bangli, I Made Natis yang juga selaku Ketua HKTI Kabupaten Bangli, Kepada Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli Ir. I Made Alit Parwata,M.Si, serta Perwakilan Direksi PT. Nusantara Segar Abadi (NSA) Elvindo Pratama.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangli, Ir. I Made Alit Parwata, M.Si., dalam laporannya menyampaikan, bahwa sebagai insan pertanian pihaknya bangga karena hari ini mulai ditanam 700 bibit pohon pisang Cavendish di lahan seluas 1,7 hektar, dimana pisang cavendish salah satu komuditas yang nantinya akan memiliki nilai ekonomi dengan harga jual tinggi. Kegiatan yang bekerja sama dengan PT. NSA ini untuk kedepannya diharapkan dapat dijadikan laboratorium lapangan dan pembelajaran bagi petugas penyuluh lapangan maupun petani di Kabupaten Bangli.

“Dimana pengembangan komuditi sesuai dengan SOP budidaya yang diterapkan para petani, sehingga dapat belajar teknis yang benar untuk menghasilkan produksi berkualitas tinggi serta sebagai percontohan ketok tular kepada petani yang belum mengembangkan tumbuh minatnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Bangli Kampanyekan Anti Korupsi dengan Semangat dan Kreativitas

Alit Parwata juga menambahkan, nantinya budidaya pisang cavendish dan jahe maupun budidaya ikan akan diagendakan menjadi objek kunjungan bagi KTNA yang merupakan event tingkat Provinsi yang rencananya Kabupaten Bangli menjadi tuan rumah.

Sementara itu, Bupati Bangli Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, melihat potensi Kabupaten Bangli yang terbukti dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Bangli terbesar adalah dari sektor pertanian, potensi Kabupaten Bangli yang didengungkan selama ini tentu harus kita optimalkan dan kita maksimalkan.

“Mudah-mudahan ini bisa dijadikan laboratorium penelitian dari teman-teman PPL di Kabupaten Bangli,” ujar Sedana Arta.

Selanjutnya, perwakilan Direksi PT. Nusantara Segar Abadi (NSA), Elvindo Pratama mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten bangli serta para petani atas kerja sama yang sudah terjalin dengan baik, PT. NSA merupakan Eksportir nanas kaleng terbesar di dunia dan juga mengembangkan produk-produk hortikultura berbasis buah-buahan segar salah satunya dibali yang pertama kali adalah di Kabupaten Jembrana bekerja sama dengan para petani, pihaknya mampu menanam 60 hektar bibit pisang Cavendish.

“Masyarakat harus fokus pada perawatan tanaman saja karena dari pembibitan dan pembinaan serta marketing akan kami bantu, yang sudah kami rangkai kedalam sebuah sistem. Semoga untuk kedepannya kita bisa mengembangkan komuditas lain sehingga secara keseluruhan hortikultura di Kabupaten Bangli bisa memberikan output yang luar biasa dan nantinya kita juga akan melakukan mix komudity,” tambahnya. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News