UNUD
Bertani untuk Negeri, Kolaborasi Fapet Unud dan Edu Farmers International. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Peternakan Universitas Udayana berkolaborasi dengan Yayasan Edu Farmers International mengadakan webinar tentang ‘Sosialisasi Program Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 4 Kampus Merdeka’ secara daring Jumat (24/12/2021) lalu.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. I Nyoman Sumerta Miwada, S.Pt., M.P.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Informasi, Dr. I Nyoman Sumerta Miwada, S.Pt., M.P, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada JAPFA Foundation yang telah ikut membantu program pemerintah dalam kaitannya dalam Program MBKM dengan Program BUN ini. Selain itu juga memberikan motivasi dan semangat kepada para mahasiswa calon peserta BUN agar mengikuti program BUN ini, sehingga nantinya akan memberikan peluang untuk bisa memiliki pengetahuan yang riil tentang bagaimana pengelolaan manajemen di Comfeed, dan juga kegiatan magang ini merupakan program yang mendukung indikator kinerja utama setelah lulus tidak menjadi pengangguran dan tenaganya bisa langsung diserap oleh Comfeed sebagai pekerja atau bisa berwirausaha.

“Tujuan dari diadakannya sosialisasi ini adalah memberikan gambaran tentang program Bertani Untuk Negeri (BUN). BUN adalah program yang mempertemukan mahasiswa dengan para peternak untuk berkolaborasi dalam meningkatkan Indeks Performans (IP) peternak menjadi lebih baik,” jelas I Nyoman Sumerta.

Program ini akan dikemas dalam bentuk magang, dan tugas peserta adalah mampu menaikkan nilai IP peternak, serta menganalisis kendala-kendala yang dialami peternak dan mampu memberikan solusi kepada peternak atas permasalahan yang dialami.

Pada webinar sosialisasi BUN Bacth 4 sebagai pemateri adalah M. Ichsan Alma’i dari Yayasan Edu Farmers International dan Aiman Fahimsyah mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Udayana yang mengikuti program BUN Bacth 3.

Baca Juga :  Kebijakan Walikota Rai Mantra Pro Petani, Pemberian Jaminan Harga Pasar Ditingkat Petani

Pada sesi pemaparan pemateri menyampaikan bahwa Program Bertani Untuk Negeri saat ini telah dilaksanakan sebanyak 3 angkatan. Angkatan ketiga periode September 2021 – Februari 2022 berkolaborasi dengan Program Magang dan Studi Independent Bersertifikat (MSIB) melalui Program Merdeka Belajar mendapatkan hibah pendanaan dari Kemenristek Dikti.

Jumlah penerima program saat ini adalah 100 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia yang sedang duduk di semester 5, 7 dan 9. Seluruh mahasiswa ditempatkan dibeberapa cluster di area Jawa Timur untuk mendampingi 170 peternak mitra perusahaan (PT. Ciomas).

Baca Juga :  Babinsa Berembeng Laksanakan Pendampingan Kepada Petani

“Proses pembelajaran yang didapat mahasiswa selama program berupa sesi belajar kelas (diskusi), sekolah lapang, kunjungan ke company farm, dll. Diakhir program mahasiswa akan diukur kemampuan dan peningkatan pengetahuannya melalui sesi presentasi dan diuji oleh ahli yang berkompeten dibidangnya,” ujar Icshan.

Pada kesempatan ini, Yayasan Edu Farmers International, ingin menginformasikan bahwa Program Bertani Untuk Negeri (BUN) Batch 4 Kampus Merdeka telah dibuka. Pihaknya ingin mengajak Bapak/Ibu Dekan selaku pimpinan fakultas untuk berkolaborasi dan terlibat bersama dalam kegiatan sosialisasi Program BUN 4.

Baca Juga :  Dukung Peningkatan Hasil Pertanian, Pemprov Bali Serahkan Bantuan Alat dan Mesin Pra Panen

“Harapannya agar kegiatan ini dapat memberi penyebaran informasi, pemahaman, kesempatan dan meningkatkan antusias mahasiswa dalam menempuh pendidikan pembelajaran pada kegiatan magang terutama di Program BUN 4,” pungkas Icshan.(unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini