Pura Melanting Gerogak Buleleng
Aura Magis Menjadi Daya Tarik Objek Wisata Spritual Pura Melanting Gerogak Buleleng, Diyakini Sebagai Tempat untuk Memohon Rejeki dan Kemakmuran. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Keberadaan Pura sebagai tempat ibadah umat Hindu di Nusantara, memiliki fungsi penting sebagai wadah untuk melakukan pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam berbagai aspeknya.

Di Indonesia, tepatnya di Provinsi Bali, banyak sekali ditemukan peninggalan-peninggalan kuno bersejarah seperti lingga, arsitektur arca, prasasti, dan purana berusia ratusan tahun, yang biasanya tersimpan di dalam Pura, sehingga membuat keberadaannya sangat disakralkan oleh masyarakat Hindu Bali. Keberadaan Pura merupakan simbol kebesaran masyarakat Bali, terletak pada kombinasi kekuatan alam dan kekuatan kebudayaan dibidang keagamaan menjadi satu dalam bingkai Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dengan kekayaan budaya yang dimilikinya tersebut, tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi Bali sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan julukannya sebagai ‘Land of One Thousand Temples’ Pulau Dengan Seribu Pura, atau ‘The Island of Gods’ Pulau Dewata, menjadikan Bali sebagai salah satu potensi besar sektor pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia. Keberadaan bangunan Pura dengan arsitektur khas berdiri megah dikelilingi nuansa alam nan asri, menjadi magnet bagi wisatawan untuk selalu ingin mengunjungi Bali sebagai destinasinya.

Baca Juga :  Taman Edelweis Karangasem, Jadi Referensi Destinasi Wisata Bali di Tahun 2022

Dewasa ini, Pura tidak hanya sebagai tempat untuk persembahyangan saja, bangunan suci di Bali ini juga menjadi tempat menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata bagi para pelancong yang berkunjung. Seperti salah satu Pura yang berada di wilayah Bali Barat, bernama Pura Melanting Gerogak, merupakan salah satu destinasi wisata spiritual yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun internasional. Terletak, di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, diperkirakan memakan waktu sekitar 3-4 jam perjalan darat dari Pusat Kota Denpasar untuk dapat mencapai lokasi Pura Melanting ini.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Dorong Peningkatan Kapasitas SDM Bidang Komunikasi dan Informatika

Sesampainya di lokasi, aura magis yang dipancarkan dari Pura ini begitu kental terasa, memberikan ketenangan rohani bagi siapa saja yang berkunjung. Masyarakat Bali biasa memanfaatkan Pura ini untuk melaksanakan Persembahyangan memohon rejeki dan ketentraman, terutama para pedagang yang meminta usahanya berjalan lancar dari sang pencipta. Pura Melanting Gerogak memang memiliki daya tarik berbeda, letaknya yang ada di kaki bukit, tempatnya tenang menciptakan suasana damai dan sempurna bagi orang-orang yang memanjatkan doa ataupun untuk bermeditasi.

Bagi wisatawan, tempat ini menjadi objek wisata yang layak dikunjungi, fasilitas parkir luas tersedia juga warung makanan dan minuman, toilet, tersedia juga tempat informasi serta penyewaan sarung untuk masuk ke areal Pura. Jika anda sedang berada di wilayah Bali Barat, atau berada di Lovina ataupun Pemuteran, agendakan acara tour anda untuk berkunjung ke Pura Melanting. (A.A. Rai Krisna, S.Ikom., Jurnalis Baliportalnews.com)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here