UNUD Webinar
Universitas Udayana Gelar Seminar Umum Kewirausahaan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Universitas Udayana melalui Unit Pengembangan Kewirausahaan Biro Kemahasiswaan menggelar Seminar Umum Kewirausahaan dengan tema “Mahasiswa Wirausaha Menuju Era Industri 5.0” dalam rangka kegiatan Gebyar Festival Wirausaha 2021 yang berlangsung secara daring melalui aplikasi Cisco Webex, Sabtu (13/11/2021).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang sudah mumpuni yakni Nurhadi Irbath dan Haryo Kusuma Wibawa dengan moderator Dr. Ni Putu Ariantari. Disamping dari Unud, kegiatan ini juga diikuti peserta dari beberapa perguruan tinggi di Bali. Adapun materi yang disampaikan mengenai ‘Pitching to Convince People’ dan ‘Develop Digital Branding’.

Ketua EDC Unud Dr. Sagung Chandra Yowani dalam laporannya selaku ketua panitia menyampaikan kegiatan ini merupakan acara pertama rangkaian kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya yang diharapkan dapat membangkitkan minat mahasiswa berwirausaha tidak hanya di Unud saja tetapi juga di Bali. Walau masih masa pandemi tetapi kita harus menyongsong era digital sesuai dengan tema yang diangkat kali ini.

“Diharapkan mahasiswa tidak berkecil hati karena melaksanakan kegiatan online dan tidak berhenti berkaya serta terus mengupdate diri dan mengembangkan kewirausahaannya,” ujarnya.

Gebyar akan diisi presentasi produk usaha dari mahasiswa penerima dana dari Direktorat Kementerian maupun Rektorat Unud. Ini juga merupakan acara pertama dan masih ada rangkaian selanjutnya. Dalam laporannya Ketua EDC juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, dimana akan ada lagi kegiatan serupa di bulan depan.

Acara dibuka oleh Rektor Unud yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Kepala Biro Kemahasiswaan. Dalam sambutannya Kepala BKM I Dewa Gede Oka menyampaikan apresiasi atas kesediaan narasumber memberikan materi. Mewakili pimpinan universitas, Kepala BKM sangat mengapresiasi pihak yang terlibat kegiatan ini khususnya Ketua EDC selaku pelaksana kegiatan dalam situasi pendemi yang masih belum berakhir. Kegiatan ini penting artinya dan ini merupakan salah satu program tahunan yang dikembangkan Unud melalui unit kewirausahaan dengan harapan para lulusan yang terlibat dikewirausahaan dapat meningkatkan kualitasnya. Dari sisi institusi juga sangat berharap tercipta para lulusan yang berkecimpung dalam bidang wirausaha sehingga tidak hanya menjadi pencari kerja tetapi menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Itu merupakan tujuan utama dari pengembangan unit kewirausahaan. Disamping dukungan pendanaan dari Kementerian, jumlah mahasiswa wirausaha yang didanai oleh Universitas juga lumayan banyak. Universitas sangat mendorong kegiatan ini karena sudah menjadi sebuah keharusan dan menjadi salah satu indikator kinerja dari Kementerian yakni di IKU terkait lulusan yang mendapat pekerjaan termasuk wirausaha.

Baca Juga :  18 Siswa di Denpasar Terima Beasiswa Pendidikan dari CSR BPD Bali

“Universitas tidak henti-hentinya mendorong mahasiswa agar lebih banyak terlibat kewirausahaan melalui unit pengembangan. Kepala BKM berharap kegiatan ini bisa menginspirasi dan program berjalan dengan baik sesuai tujuan yang telah ditentukan,” pungkasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini