Pengabdian Masyarakat
Sagung Antari Jaya Negara Buka Pengabdian Masyarakat Universitas Dwijendra dan POLTEKKES Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara membuka kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diadakan oleh Universitas Dwijendra dan Poltekkes Denpasar di Kantor Perbekel Padangsambian Kaja, Selasa (2/11/2021).

Pada saat tersebut diserahkan bantuan bibit pohon dari Rektor Universitas Dwijendra I Gede Sedana dilanjutkan dengan peninjauan kebun pembibitan pertanian Fakultas Pertanian dan Bisnis Universitas Dwijendra.  Acara ini juga dihadir Istri Wakil Walikota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Dalam kesempatan itu Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, mahasiswa sebagai pilar pembangunan bangsa diharapkan mampu sebagai pionir, pelopor sekaligus penggerak di masyarakat. Dengan pengabdian mahasiswa di masyarakat seperti ini tentunya akan memberikan wadah bagi para mahasiswa untuk terus berkreatifitas dan menjadi bagian dari pembangunan masyarakat, menuju masyarakat yang mandiri dan makmur.

Pengabdian mahasiswa di masyarakat Universitas Dwijendra dan POLTEKKES dilaksanakan di Lingkungan Desa Padangsambian Kaja, tentunya akan menjadi proses pembelajaran bagi para mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari sehingga mampu memberdayakan masyarakat di Desa ini.

Baca Juga :  Masyarakat Banjar Tengah Peguyangan Antusias Ikuti Bank Sampah

Lebih lanjut Sagung Antari mengatakan, 10 program PKK yang menjadi acuan dan dasar Tim Penggerak PKK Kota Denpasar dalam melaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat, sehingga sangat tepat jika dikolaborasikan dengan metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh Universitas Dwijendra.

Utamanya pada program Pokja III PKK (amalkan dan kukuhkan halaman teratur indah dan nyaman), dimana melalui program ‘Aku Hatinya PKK’ masyarakat utamanya di tingkat rumah tangga diedukasi untuk dapat memanfaatkan halaman rumah dan sekitar pekarangan untuk dimanfaatkan sebagai media penanaman tanaman produktif baik tanaman holtikultural, buah-buahan, bunga dan aneka tanaman hias.

Baca Juga :  Rektor UHN Sugriwa Harapkan AMSI Bali Bisa Menjadi Media yang Berperan Penting dalam Membagun Negeri

“Jika lahan memungkinkan juga dapat dikembangkan sebagai media pengembangan peternakan dan perikanan,” kata Sagung Antari.

Dengan adanya pengabdian mahasiswa di Desa Padangsambian Kaja TP PKK mengharapkan akan mampu mendampingi dan sekaligus mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan Hatinya PKK di tingkat rumah tangga.

Terlebih lagi Perbekel Desa Padangsambian Kaja yang sudah mengembangkan program rumah bibit desa yang sudah menjadi salah satu bentuk edukasi bagi masyarakat untuk terus mau, peduli dalam mewujudkan hatinya PKK di masing-masing rumah tangga.

Ketua Yayasan Dwijendra I Ketut Wirawan memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tim Penggerak PKK dari tingkat Kota, Kecamatan dan Desa atas kerjasamanya yang saling mendukung untuk membangun desa melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh Poltekkes Kartini dan Universitas Dwijendra.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Terima Kunjungan Pihak Kemenlu RI, Bahas Peluang Sister City Kota Denpasar Dengan Kota Zadar, Kroasia

Diharapkan semoga berbagai program yang telah disiapkan dapat diimplementasikan secara bertahap dengan melibatkan partisipasi aktif warga masyarakat dibawah koordinasi Perbekel Desa Padangsambian Kaja.

“Karena kegiatan pengabdian ini diselenggarakan dalam kurun waktu lama atau tidak hari ini saja,” katanya.

Perbekel Desa Padangsambian Kaja, I Made Gede Wijaya mengharapkan pengabdian masyarakat ini  bisa berkolaborasi dengan program pembangunan Desa Padangsambian Kaja sesuai dengan visi yakni ‘Padangsambian Kaja Cerdas, Kreatif, Sehat, Asri, Lestari Berwawasan Budaya’ atau dapat juga diringkas dengan ‘Cakra Sri Bawa’.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News