Pura Pulaki
Pengalaman Berwisata Spiritual ke Pura Pulaki di Buleleng. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Berwisata spritual tentu menjadi pengalaman baru bagi anda yang sedang merencanakan untuk berlibur ke Pulau Bali. Bali, yang lebih dikenal dengan sebutan Pulau Dewata, menyimpan banyak sekali Pura (Tempat ibadah umat Hindu) yang sangat menarik untuk anda kunjungi, sebagai tujuan destinasi berlibur anda.

Selain memberikan pengalaman unik, berwisata spritual juga dapat memberikan pengetahuan baru, khususnya ilmu sejarah yang bisa menambah wawasan anda tentang Pulau Bali itu sendiri.

Di ujung Utara Bali, tepatnya di Kabupaten Buleleng, terdapat satu destinasi wisata spiritual yang tim Baliportalnews.com rekomendasikan untuk anda kunjungi. Destinasi tersebut bernama Pura Agung Pulaki, Pura yang dibangun diatas tebing berbatu dan pemandangannya langsung menghadap ke lautan, terlihat sangat indah dan sangat asri.

Baca Juga :  Harapan Besar Bagi Pandu Untuk Dapat Menjadi Pelopor Pemersatu Umat Hindu Nusantara

Daya tarik Lingkungan Pura ini yang menonjol adalah lokasi dan lingkungan Pura. Bukit terjal yang berbatu dan kering serta laut membentang di depannya dan bukit tidak jauh di sebelah baratnya yang berbentuk tanjung kecil memberikan suasana yang sangat menarik, terlebuh keberadaan kera-kera yang hidup di sekitar Pura ini, menambah daya tarik yang disajikan oleh destinasi wisata yang satu ini.

Pura Pulaki berada di jalan raya utama Singaraja-Gilimanuk, tepatnya di Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kab. Buleleng. Untuk dapat mencapai lokasinya, dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3 jam perjalanan darat dari pusat Kota Denpasar.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Ajak Parpol Bergerak Bersama Membangun Buleleng

Di lokasi Pura Pulaki ini, diketahui memiliki sejumlah sumber mata air tawar yang diperkirakan sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, sehingga diperkirakan Pura Pulaki sudah ada sejak jaman prasejarah, dan termasuk dalam salah satu peninggalan Bali kuno.

Keindahan dan nuansa asri serta aura religius sangat terasa saat anda memasuki Pura ini. Sehingga selain sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu, tempat ini juga menjadi salah satu objek wisata di kawasan Bali Utara.

Perlu diperhatikan, keberadaan kera-kera penghuni di kawasan ini yang banyak berkeliaran di areal Pura, bagi anda yang berkunjung harus berhati-hati dengan barang bawaan, jangan sampai menarik perhatian kera tersebut, walaupun kera-kera tersebut terkesan sangar namun tidak membahayakan dan juga ada guide lokal yang siap melayani anda selama berada disana. (A.A. Rai Krisna, S.Ikom., Jurnalis Baliportalnews.com)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here