TCI unud
Konjen Republik Rakyat Tiongkos Gandeng TCI Unud Berikan Pelatihan Bahasa Mandarin. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam peningkatan capacity building staf kantor imigrasi kelas I TPI Denpasar, Direktorat Jenderal Keimigrasian Republik Indonesia menggandeng Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar bekerjasama dengan Tourism Confucius Institute (TCI) Universitas Udayana melaksanakan acara pembukaan pelatihan Bahasa Mandarin di Kantor imigrasi kelas I TPI Denpasar, Senin (8/11/2021)

Acara Pembukaan ini dilakukan secara hybrid di ruang pertemuan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar. Pembukaan pelatihan Bahasa Mandarin untuk staf kantor imigrasi kelas I TPI Denpasar dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali. Turut hadir dalam acara ini, yaitu Wakil Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar, Direktur Jenderal Keimigrasian Republik Indonesia, Kasubdit dan kasubdin kantor Imigrasi kelas I TPI Denpasar, Kepala Divisi Keimigrasian Provinsi Bali, Kepala Kantor imigrasi Kelas I TPI Denpasar, dan peserta pelatihan Bahasa Mandarin dari staf kantor Imigrasi kelas I TPI Denpasar, dan staf kantor Imigrasi kelas II TPI Singaraja.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Sukseskan “Gerakan Menuju 100 Smart City”

Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok di Denpasar dalam sambutannya diwakili oleh Wakil Konsul, Mei Yuncai, menyatakan bahwa Pelatihan Bahasa Mandarin bagi staf imigrasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan Tiongkok ke Bali.

“Melalui kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama yang baik dengan pihak Imigrasi Provinsi Bali dan Tourism Confucius Institute (TCI) Universitas Udayana dalam kegiatan pelatihan Bahasa Mandarin,” ucapnya.

Sementara itu Direktur Indonesia Tourism Confucius Institut (TCI) Universitas Udayana, Drs. I Made Sendra dalam sambutannya mengatakan bahwa, Tujuan pelaksanaan kegiatan pelatihan Bahasa Mandarin adalah meningkatkan capacity building kemampuan pegawai imigrasi yang akan menjadi staf terdepan dalam pemberian pelayanan untuk menyambut kedatangan wisatawan Tiongkok ke Bali di era new normal situation. Konsul Jenderal Republik Rakyat Tiongkok telah menjalin kerjasama sangat baik dengan TCI Universitas Udayana dalam memberikan pelatihan Bahasa Mandarin sejak berdirinya lembaga ini pada tanggal 10 Desember 2019.

tci unud
Direktur Indonesia Tourism Confucius Institut (TCI) Universitas Udayana, Drs. I Made Sendra, M.Si. Sumber Foto : Istimewa

Peningkatan kemampuan berbahasa Mandarin staf imigrasi Bali diharapkan dapat memberikan pelayanan bahasa yang lebih baik, sehingga loyalitas wisatawan Tiongkok untuk datang ke Bali semakin meningkat.

Baca Juga :  Empat Pasien Covid-19 Meninggal, GTPP Wanti-wanti Protokol Kesehatan

“Wisatawan Tiongkok merupakan pangsa pasar yang sangat besar dalam kontribusi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. Sebelum pandemi Covid-19 jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok menduduki rangking tertinggi dari lima besar jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali,” terang Made Sendra usai acara pembukaan Senin (8/11/2021).

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor wilayah kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali dalam sambutannya yang mengatakan Bahasa Mandarin merupakan salah satu Bahasa yang sangat penting juga dipelajari mengingat penggunaan Bahasa asing merupakan keharusan yang harus dimiliki oleh jajaran staf kantor imigrasi untuk bisa menjawab tantangan tugas dalam keimigrasian khususnya dalam berkomunikasi dan memberikan pelayanan kepada setiap wisatawan yang datang ke Bali khususnya pada wisatawan dari Tiongkok.

Baca Juga :  Hasilkan Lulusan Cepat Kerja, SMK PGRI 2 Denpasar Dikejar Masyarakat

Pada akhir acara pembukaan pelatihan Bahasa Mandarin dilaksanakan penyerahan cinderamata dan foto bersama.(ads/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini