AMSI-GOJEK
Kolaborasi AMSI dan Gojek, Gelar Lomba Karya Jurnalistik dengan Total Hadiah Mencapai Ratusan Juta Rupiah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya membangun semangat dan optimisme masyarakat di tengah pandemi, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) berkolaborasi dengan Gojek kembali menggelar penghargaan karya jurnalistik bertajuk Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) 2021.

Kegiatan tersebut merupakan suatu ajang penghargaan bagi jurnalis untuk menghasilkan karya jurnalistik yang bermanfaat bagi masyarakat serta turut berkontribusi dalam membangun ekonomi digital di Indonesia.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun oleh jurnalis Baliportalnews.com, pada Sabtu (13/11/2021) siang, Wenseslaus Manggut, selaku Ketua Umum AMSI menjelaskan, ajang ini merupakan kali kedua digelar setelah untuk pertama kalinya digelar dengan sukses pada 2020.

KPAB tahun ini berlangsung mulai tanggal 27 September 2021 dan ditutup pada 19 November 2021, yang berkolaborasi bersama Gojek sebagai bentuk penghargaan kepada insan pers dalam membangun semangat dan optimisme masyarakat di melalui karya jurnalistik berkualitas.

“Inisiatif ini sejalan dengan semangat kami untuk mendorong lahirnya lebih banyak karya-karya jurnalistik yang berkualitas. Kami berharap kompetisi ini dapat menggairahkan optimisme masyarakat agar tetap produktif selama pandemi tanpa mengabaikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, VP Corporate Communications Gojek, yang jug Ketua Penyelenggara Kreasi Pewarta Anak Bangsa kali ini, Audrey Progastama mengatakan, program KPAB 2021 ini juga merupakan bagian dari perayaan 11 tahun Gojek, yang menandakan perjalanan untuk terus tumbuh bersama dan membuat perubahan positif, untuk masyarakat dan bangsa.

Baca Juga :  Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Bali Terjaga dan Tumbuh Positif

“Insan pers berkontribusi sangat besar dalam menginspirasi dan turut mencerdaskan bangsa melalui karya-karya jurnalistik. Insan pers juga berperan besar dalam mendorong Gojek untuk selalu berinovasi guna mendukung masyarakat menjalankan protokol kesehatan dan tetap produktif meski kita masih berada di tengah pandemi,” paparnya.

Dalam kegiatan penghargaan ini, Gojek dan AMSI mengundang para jurnalis cetak dan online, baik Nasional maupun daerah untuk dapat berpartisipasi dan mengirimkan karya terbaiknya, dengan tema utama ‘layanan platform digital, andalan bangkit bersama hadapi pandemi’.

Dengan jargon #BangkitBersama merupakan sebuah gerakan yang diinisiasikan melalui ekosistem GoTo, yang terdiri dari Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama bangkit dari pandemi Covid-19.

Baca Juga :  SMP Sapta Andika Denpasar Buka Pendaftaran Peserta Didik Baru dengan Semangat Inovasi Digital

Peserta lomba haruslah seorang jurnalis yang bekerja di media dengan cakupan wilayah sebagai berikut:

  • Nasional & Jabodetabek
  • Sumatra: Medan, Palembang, Batam
  • Indonesia Timur: Makassar, Manado, Balikpapan Banjarmasin
  • Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta: Bandung, Semarang, Jogja raya, Solo
  • Jawa Timur, Bali: Surabaya, Malang, Bali
  • Dan pemenangnya akan dipilih dari masing-masing perwakilan wilayah tersebut.

Selanjutnya, Karya tulis yang dapat diikutsertakan dalam lomba, adalah format feature dengan batas 2.000 – 5.000 karakter, dan sudah dimuat di media cetak dan online tertanggal 1 September – 19 November 2021, untuk mencari pemenangnya di masing-masing kategori wilayah yang memperebutkan hadiah berupa:

Kategori Nasional & Jabodetabek

Panitia akan memilih 18 peraih penghargaan dengan rincian hadiah sebagai berikut:

  • Juara 1 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun.
  • Juara 2   : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan.
  • Juara 3 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan.
  • 15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta.
Baca Juga :  Pemkot Denpasar Upayakan Berbagai Langkah Preventif Guna Tekan Angka Stunting 

Kategori Regional

Panitia akan memilih 72 pemenang di masing-masing wilayah regional Sumatra, Indonesia Timur, Jabar Jateng, DIY, Jatim dan Bali:

  • Juara 1 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp13 juta serta akses gratis GoPlay selama satu tahun.
  • Juara 2 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp10 juta serta akses gratis GoPlay selama enam bulan.
  • Juara 3 : Piagam penghargaan dan uang tunai Rp8 juta serta akses gratis GoPlay selama tiga bulan.
  • 15 Cerita Pilihan masing-masing mendapatkan saldo GoPay senilai Rp 1 juta.

Selanjutnya, Juri akan menilai karya jurnalistik berdasarkan kriteria penilaian seperti: kesesuaian dengan tema, orisinalitas ide, kualitas dan kedalaman penulisan, dan penyajian karya jurnalistik.

Dewan juri untuk penghargaan ini berasal dari AMSI dan perwakilan dari Gojek. Terdapat voucher gratis berlangganan GoPlay selama 30 hari bagi 50 pendaftar pertama. Informasi lebih lanjut mengenai KPAB 2021 dapat diakses di https://bit.ly/KPAB2021 dan pendaftaran dapat diakses dilakukan melalui G-Form https://bit.ly/KPAB_GojekAMSI atau email ke [email protected]. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News