Panen
Kelurahan Sumerta Laksanakaan Giat Minggu Bersih Serta Panen Buah dan Sayuran di Lingkungan Ketapian Kaja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kelurahan Sumerta melalui Kelompok Kebun Berdaya Kertha Bhutani lingkungan Ketapian Kaja melaksanakan giat minggu bersih yang bertajuk Bersama Masyarakat Kelurahan Sumerta Mandiri Gerakan Lingkungan Pengurangan Sampah Plastik menuju Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Berkesan Gelitik Hatinya), Minggu (14/11/2021).

Hadir dalam kegiatan ini Lurah Sumerta, I Wayan Eka Apriana, bersama Kepala Lingkungan, Kelian/Prajuru Banjar setempat, serta anggota kelompok Kebun Berdaya Kertha Bhutani.

Lurah Sumerta, I Wayan Eka Apriana saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Sumerta yang dikemas dalam program ‘Suling Resik ring Palemahan’ ini merupakan program inovasi rintisan, guna memberdayakan serta memberikan pelatihan bagi masyarakat terkait lingkungan.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam kegiatan ini dilaksanakan pembersihan lingkungan dan dilaksanakan juga sosialisasi pemilahan sampah berbasis sumber kepada anggota kelompok dan masyarakat lainnya. Bertepatan dengan giat tersebut dilaksanakan juga panen buah dan sayuran bersama kelompok kebun berdaya Kertha Bhutani. Adapun buah dan sayuran yang dipanen kali ini seperti Kangkung, Tomat, Terong, Labu, dan Timun, serta tanaman obat keluarga (toga).

Baca Juga :  Tetap #Cari_Aman di Bulan Ramadhan, Berikut Tips Berkendara yang Nyaman

“Buah dan sayuran serta toga yang dipanen ini akan didistribusikan kepada kelompok kebun berdaya serta masyarakat lainnya yang membutuhkan, sehingga kedepannya dapat memenuhi kebutuhan serta menunjang makanan tambahan bagi lansia dan balita di lingkungan setempat,” kata Eka Apriana.

“Keberadaan kelompok kebun berdaya ini merupakan upaya pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan keluarga secara mandiri melalui pekarangan pangan lestari. Dan kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan dengan tetap bersinergi dengan OPD Pemkot Denpasar serta dapat berkolaborasi dengan kelompok kebun lainnya di Kota Denpasar sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan mandiri masyarakat Kota Denpasar,” pungkas Eka Apriana.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News