GERMAS
Gianyar Terima Penghargaan Inisiasi dan Inovasi Penerapan Germas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Di penghujung tahun 2021 Gianyar menerima penghargaan Inisiasi dan Inovasi Penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Acara penyerahan penghargaan berlangsung di Semarang, Senin (29/11/2021).

Penghargaan diserahkan oleh Plt. Dirjen Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI Drg Kartini Rustandi M.Kes, kepada Bupati Gianyar yang diwakili Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Gianyar selaku Ketua Forum Germas Kabupaten, Gianyar Gede Widarma Suharta dan didampingi Kepala Dinkes, dr Ida Komang Upeksa.

Acara yang bertajuk Advocacy & Horizontal Learning (AHL) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat tersebut diselenggakan oleh SPEAK Indonesian dan APKOSI Indonesia. Dipilihnya Gianyar karena Bupati Gianyar dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar dinilai memiliki komitmen yang kuat dalam inisiasi dan inovasi dalam penerapan Germas. Gianyar juga dinilai telah menerapkan Germas dengan baik dan dilandasi regulasi dan dukungan masyarakat, sehingga keberlanjutannya terjamin.

Baca Juga :  PLN UID Bali Targetkan Desa se–Bali Pakai PLN Mobile 

Selain itu Germas telah masuk dan bersinergi dengan program-program lainnya di Kabupaten Gianyar, seperti Kota Sehat, Program PKK dan bersinergi dengan Desa/Desa Adat.

Plt.Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, drg. Kartini Rustandi, M.Kes., dalam sambutannya mengatakan Gianyar dipilih sebagai model penerapan Germas di Indonesia, bersama 5 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Diantaranya Kabupaten Pering Sewu, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Sleman, Kabupaten Boyolali dan Kota Semarang.

Kabupaten/kota ini diminta untuk menjadi contoh dan memberikan hal-hal terbaik dalam penerapan praktek-praktek baik serta pembelajaran Germas kepada daerah lain. Diharapkan pembelajaran itu akan menginspirasi kabupaten/kota lain untuk melakukan hal yang sama sesuai kondisi masing-masing daerah.

Baca Juga :  Melepas Akhir Tahun 2021 dan Menyambut Tahun Baru 2022, BKS LPD Kecamatan Tegallalang Gelar Persembahyangan Bersama

Widarma Suharta mengatakan kepemimpinan Bupati Gianyar, Made Mahayastra serta didukung Ketua TP PKK, Ny Surya Adnyani Mahayastra, berkomitmen mewujudkan masyarakat Gianyar yang sehat. Beberapa upaya yang dilakukan adalah memberikan jaminan kesehatan gratis bagi masyarakat Gianyar, menata lingkungan kota dan perdesaan agar nyaman dan sehat, hibah truk sampah ke desa-desa, pembangunan TPS3R serta program lainnya yang mampu mendorong kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Komitmen Bapak Bupati untuk mewujudkan masyarakat Gianyar yang sehat, apabila masyarakat sehat, segala aktivitas bisa dilakukan dengan baik sehingga menunjang kesejahteraan mereka,” ucap Widarma Suharta.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here