Tukad Oongan
Tukad Oongan, Nuansa Sungai yang Berbeda di Tengah Kota Denpasar. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sungai atau dalam bahasa Bali bias disebut Tukad, merupakan tempat mengalirnya air dari hulu menuju ke hilir. Seiring berjalannya waktu dan kemajuan perbadaban manusia, sungai sering kali terbaikan keadaanya.

Banyak terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, keberadaan sungai kini kondisinya tampak sangat memperihatinkan, sehingga terkesan sebagai tempat yang kumuh dan jorok. Namun, berbeda dengan Jakarta, keberadaan sungai di Kota Denpasar, Bali, justru memiliki daya tarik wisata tersendiri bagi warganya.

Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup, keberadaan sungai atau tukad di Kota Denpasar juga dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi oleh Pemerintah Setempat, dengan adanya sedikit penataan kini keberadaan tukad-tukad di Kota Denpasar justru jauh dari kesan kumuh dan jorok. Seperti salah satu tukad yang kali ini tim Baliportalnews.com akan bahas, yang bernama Tukad Oongan, menjadi salah satu tukad yang menyajikan suasan tenang dan damai di tengah kota besar.

Tukad Oongan sendiri berlokasi di Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Keberadaannya kini, telah ditata rapi menjadi taman asri yang diberi nama Taman Lila Ulangun Oongan.

Di tukad ini, anda akan menemukan beberapa Bale Bengong (gazebo), yang juga dilengkapi dengan colokan listrik, juga terdapat fasilitas lain seperti toilet serta ruang edukasi bagi anak. Tempat parkir disini juga luas, sehingga pengunjung tak perlu khawatir tak mendapat tempat parkir.

Untuk dapat melakukan aktivitas di Tukad Oongan ini, pengunjung tidak diharuskan membayar alias gratis. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini. Seperti, tempat menyepi atau menenangkan diri. Dengan suasana alam di sekitarnya yang masih alami membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat tukad ini. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas olahraga, ditempat ini juga tersedia jogging track, sehingga anda bisa lari-lari kecil di pinggir sungai hingga melewati jembatan yang ada.

Baca Juga :  Sambut Hari Air, KMHDI Bali Bersihkan Sungai dengan Eco Enzyme

Taman Lila Ulangun Oongan dibangun di lahan seluas 1.095 meter persegi. Bagi anda pencinta hobi fotografi, anda juga bisa mengabadikan tempat ini dengan berfoto bersama dengan latar belakang keindahan taman di pinggir sungai.

Tak hanya jadi tempat beristirahat dan berlibur, di tempat ini anda juga bisa mempelajari nilai-nilai sejarah dari Tukad Oongan. Di dekat taman terdapat sebuah DAM bernama DAM Oongan yang dibuat pada jaman Belanda untuk mengairi beberapa sawah yang ada di Denpasar dahulu kala. Berkunjung ke Tukad Oongan tak harus siang hari, tetapi juga bisa dilakukan saat malam, dengan disediakannya fasilitas penerangan membuat anda tidak perlu khawatir suasana yang gelap. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini