BUMDes
BUMDesa-Bersama Kelola Aset Rp11,5 MilIar, Bupati Tamba: Gali Sektor Usaha Produktif. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Sejak dirintis tahun 2003 silam hingga tahun 2021 ini, Badan Usaha Milik Desa-Bersama (BUMDes-Bersama) Kecamatan Negara, kini asetnya mencapai sebesar Rp11,5 miliar.

Disisi lain, BUMDes-Bersama yang saat ini dinahkodai I Made Bagiarta secara rutin dalam setiap tahunnya menggelontorkan berbagai jenis bantuan khususnya bagi warga masyarakat kurang mampu baik berupa pemberian beasiswa bagi para siswa yang berprestasi, bantuan ternak termasuk bedah rumah.

Teranyar, dengan mengelola usaha Simpan Pinjam (SP), bantuan berupa paket semako kembali diberikan kepada warga masyarakat kurang mampu yang ada di setiap desa dan kelurahan  di Kecamatan Negara yang dipusatkan di halaman Kantor Camat Negara, Jumat (5/11/2021).

Bupati I Nengah Tamba minta, agar BUMDes-Bersama ini menggali sektor-sektor usaha lainnya yang lebih bersifat produktif.

Baca Juga :  Bupati Jembrana Hadiri Upacara Melasti di Pantai Pengambengan, Tekankan Toleransi

”Bukan tidak boleh BUMDes ini usaha yang dilakoninya berupa Simpan Pinjam (SP), namun yang lebih kami inginkan bagaimana BUMDes ini dapat melakukan terobosan-terobosan baru yang lebih produktif. Dengan tidak melabrak usaha-usaha yang telah ada di desa, banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan dalam membesarkan usaha itu sendiri asalkan ada kemauan,” ujarnya.

Dihadapan para penerima bantuan, Bupati Tamba yang didampingi Sekda I Made Budiasa, Camat Negara, I Wayan Andhy Anjasmara, Ketua BUMDes, I Made Bagiarta mengatakan, bantuan yang diserahkannya itu merupakan kerja keras dari para pengurus dan pengelola BUMDes-Bersama yang ada di Kecamatan Negara.

Baca Juga :  Wabup Ipat Sampaikan Pendapat Bupati atas Ranperda Inisiatif Dewan

”Ini menunjukkan sebuah hasil kerja yang bagus dari seluruh anggota dan segenap jajaran kepengurusan BUMDes ini. Uang yang dikumpulkan dan dikelola dengan cermat sehingga hari ini bisa diberikan kepada warga masyarakat berupa sembako,” ujarnya.

Bupati Tamba berharap, bantuan yang diberikan agar dapat berguna dan dapat meringankan beban disaat masa sulit akibat dampak pandemi Covid-19.

”Titiang nunas ring semeton sami (kami harap warga semua) mangde side nruwenang (agar warga dapat memaklumi). Bantuan yang nilainya relatif kecil, paling tidak dapat meringankan beban keluarga disaat pandemi Covid-19,” harap Bupati Tamba.

Sementara Ketua BUMDes-Bersama Kecamatan Negara, I Made Bagiarta mengaku, tahun 2021 ini, aset BUMDes-Bersama memiliki aset sebesar Rp11,5 miliar. Sejak tahun 2003 lalu sampai saat ini di bulan Oktober 2021 kami (BUMDes-Bersama) memiliki aset sebesar Rp11,5 miliar dengan usaha yang dikelola berupa Simpan Pinjam (SP),” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati Tamba Serahkan Laporan Keuangan Unaudited Tahun 2023

Bagiarta menambahkan, Dari Sisa Hasil Usaha (SHU), pihaknya mengaku, diberikan kepada warga masyarakat kurang mampu berupa pemberian bantuan ternak, beasiswa, bedah rumah termasuk pemberian sembako.

”Dari Sisa Hasil Usaha (SHU) kami sudah bisa berbagi hasil kepada warga masyarakat kurang mampu seperti pemberian ternak sapi dan kambing berupa hibah sebanyak 50 ekor, pemberian beasiswa kurang mampu, bedah rumah sebanyak 73 unit dengan total sebesar Rp1,6 miliar,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News