Bencana Alam
Antisipasi Bencana, PLN UID Bali Gelar Simulasi Tanggap Darurat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Jumat (1/10/2021), pukul 10.00 WITA terjadi gempa bumi di kawasan Denpasar Timur. Alarm tanda bahaya di salah satu Gudang milik PLN UID Bali di seputaran Tohpati berbunyi nyaring.

Rupanya gempa bumi yang terjadi menyebabkan kebakaran di Gudang tersebut, sehingga menyebabkan bangunan mengalami kerusakan. Sejumlah 50 orang yang terdiri dari karyawan dan tenaga alih daya yang sedang beraktivitas langsung memperoleh instruksi untuk melakukan penyelamatan.

Untungnya hal ini bukanlah merupakan kejadian yang sebenarnya. PLN UID Bali melalui Ketua Tim Tanggap Darurat PLN UID Bali Zufar menjelaskan hal ini merupakan bagian dari simulasi tanggap darurat kebakaran dan gempa bumi yang dilakukan secara rutin demi meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan untuk mengantisipasi bencana yang dapat terjadi sewaktu–waktu.

“Kami melakukan antisipasi untuk mencegah sekaligus juga memastikan tim dan perlatan selalu siaga jika sewaktu – waktu terjadi bencana yang tidak kita inginkan,” jelas Zufar.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Festival Beraban 2024, Harapkan Jadi Langkah Pelestarian Seni Budaya Kalangan Muda

Diharapkan melalui kegiatan ini, mampu melatih keterampilan penggunaan APAR dan APAB agar selalu siaga dalam menjaga asset yang berada di lingkungan Gudang.

“Kami ingin memastikan seluruh personel andal dalam menggunakan peralatan yang dimiliki sekaligus juga memastikan tim mampu merespon insiden bahaya kebakaran dan mencegah agar tidak merembet ke tempat lain di areal ini,” terang Zufar.

Acara yang juga melibatkan BPBD Denpasar serta PMI Denpasar ini juga tak hanya memastikan kesiapan personel namun juga seluruh peralatan pendukung seperti Hydrant, Sprinkler, Sistem Deteksi dan Alarm Kebakaran, Sistem Pengendalian Asap, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) juga mampu berfungsi dengan baik.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News