Musik Bali
Tokoh Musik Bali Mulai Tersisih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Beberapa musisi Bali merasa prihatin karena tersisihnya salah seorang tokoh yang selama ini dianggap cukup konsisten memperjuangkan konten lokal Bali khususnya musik dan lagu Bali dalam dunia penyiaran baik radio maupun televisi yang dinyatakan tidak lolos fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) sebagai anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali periode 2021-2024 mendatang.

Dia adalah I Gusti Ngurah Murthana, yang akrab disapa Rahman. Kiprahnya, secara publik selama ini terhadap kalangan seniman musik Bali, termasuk insan seni budaya Bali lainnya patutlah diapresiasi positif.

Baca Juga :  Sanur Village Festival Ke XIII, Mandala Giri Sebagai Orientasi Spiritual dan Kultural

Kenapa? Sebab berkat kerja cerdasnya termasuk cukup sukses menguatkan daya saing musik dan lagu Bali khususnya, juga lagu anak anak sebagai konten lokal Bali dalam dunia penyiaran baik radio maupun televisi. Seperti diketahui bahwa program siaran pada lembaga penyiaran radio biasanya didominasi oleh siaran musik dengan berbagai genre untuk menarik minat para pendengarnya.

Musisi Bali, I Komang Arjawa mengatakan secara publik di kalangan seniman musik Bali khususnya, dan insan seni budaya Bali lainnya, Rahman, yang juga dikenal sebagai pengamat musik Bali ini secara konsisten telah berupaya maksimal  menguatkan siaran lokal Bali khususnya musik dan lagu Bali serta lagu anak-anak dalam siaran radio dan televisi.

Baca Juga :  Membludak, Orientasi Anggota dan KLW PWI Bali 2020

Bahkan, Komang Arjawa mantan Ketua Pramusti Bali ini merasa kuatir jika nantinya tidak ada yang mengawal lagu Bali pada siaran-siaran radio akan bisa tersisih atau kalah saing  dengan konten musik populer Indonesia maupun musik manca negara.

“Sayang sekali, sosok (Rahman,-red) yang telah memperjuangkan aspirasi musik Bali dan menguasai dunia musik Bali tidak nampak di dalam pengurusan KPID Bali yang baru,” sesalnya.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini