Gaya Kepemimpinan
Pedoman dalam Memilih Gaya Kepemimpinan yang Tepat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COMGaya kepemimpinan merupakan suatu cara yang digunakan oleh seorang pemimpin dalam mengarahkan para bawahannya. Dr. Dadang Suhardi, SE., MM., di sela-sela kegiatan Certified Leadership Association of AR Learning memaparkan paling tidak ada lima jenis gaya kepemimpinan.

Gaya kepemimpinan yang dimaksud antara lain Gaya kepemimpinan otokratis, Demokratis, Afiliasi, Laissez-Faire, Transformasional, Transaksional dan Situasional. Penerapan gaya kepemimpinan dalam sebuah organisasi akan sangat berbeda tergantung pemimpinnya.

Dr. Dadang Suhardi, SE., MM., sebagai pelatih berpengalaman AR Learning di bidang Leaderhsip mengungkapkan cara memilih gaya kepemimpinan yang ada. Mengetahui gaya kepemimpinan mana yang paling cocok untuk kita menjadi pemimpin yang baik maka perlu memperhatikan beberapa hal.

Pertama, kenali diri kita, mulailah meningkatkan kesadaran tentang kepemimpinan yang dominan pada diri kita.

Baca Juga :  Tips Memilih Sarung yang Nyaman, Beli di Blibli Lebaran Promo Lebih Hemat!

Kedua, Latihan menjadi pemimpin, selalu mencoba gaya kepemimpinan yang ada dan mengetahui hasil. Demikian cara memilih gaya kepemimpinan yang tepat, sehingga kepemimpinan dalam sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik.

Oleh : I Nengah Sudja

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News