World Clean Up Day 2021
Momentum Hari Kebersihan Sedunia, Pemkot Denpasar dan Kodim Badung ikuti kegiatan bakti sosial Peduli Lingkungan di Desa Kesiman Petilan. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Sedunia (World Clean Up Day 2021), puluhan warga Desa Kesiman Petilan bersama dengan Komunitas Peduli Sungai (KPS Denpasar) dan Gerakan Aksi Sosial Komunitas Peduli Lingkungan (Gas Kopling) menggelar aksi bersih-bersih di Sungai Ayung, Kesiman Petilan, Denpasar Timur, pada Sabtu (18/9/2021) pagi.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Dandim 1611/Badung, Kolonel Infantri I Made Alit Yudana, yang juga ikut terjun bersama warga membersihkan bantaran sungai dari sampah-sampah yang berserakan.

Selaku Koordinator kegiatan tersebut, Perbekel Desa Kesmian Petilan, I Wayan Mariana menjelaskan, selain untuk memeriahkan perayaan Hari Kebersihan Sedunia kali in, kegiatan bakti sosial bersih-bersih sungai ini juga dalam rangka untuk menumbuhkan rasa kepedulian bagi warga akan pentingnya untuk menjaga kebersihan di lingkungan desa.

Baca Juga :  Jaya Negara Pimpin Rakor Evaluasi Triwulan III

Kegiatan yang dilakukan meliputi, pembersihan bantaran sungai, hingga pengumpulan sampah-sampah yang terbawa arus sungai, untuk kemudian dibuang ke tempat pengolahan sampah setempat.

“Selain membersihkan sampah-sampah sisa rumah tangga yang mengotori di sepanjang bantaran Sungai Ayung, kami selaku pihak desa juga aktif dalam memberikan imbauan kepada warga sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dengan adanya dukungan langsung dari Pak Wawali dan Dandim Badung pada moment Hari Kebersihan Sedunia kali ini, diharapkan akan mampu menumbuhkan semangat bagi warga untuk bersama-sama dalam menjaga lingkungan Desa Kesiman Petilan ini tetap bersih,” ungkapnya.

Mendukung penuh kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh warga Desa Kesiman Petilan bersama dengan sejumlah Komunitas Peduli Lingkungan yang ada di Kota Denpasar kali ini, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menyempatkan diri untuk ikut terjun langsung bersama warga mengikuti kegiatan bersih-bersih yang dilakukan.

Baca Juga :  Dalam Rangka Penguatan SDM Lokal Pariwisata, TCI Unud Gelar Pelatihan Bahasa Mandarin di DTW Tanah Lot

Dalam kesempatannya, dirinya juga menuturkan, khusus untuk para Komunitas Peduli Lingkungan yang ada di Denpasar, pihaknya akan terus mensupport keberadaannya untuk tetap selalu eksis di masyarakat. Pemkot Denpasar juga akan terus melakukan upaya, untuk bisa memenuhi kebutuhan penunjang kegiatan, berupa fasilitas-fasiltas serta alat-alat kebersihan untuk mengefektifkan perannya dalam menjaga Kota Denpasar tetap asri dan sehat.

“Kami akan terus dukung dan fasilitasi keberadaan komunitas seperti ini di Denpasar. Tadi juga sudah berkoordinasi dengan Pak Dandim, untuk di sisi Barat Kota Denpasar ini, kita juga perlu membuat komunitas serupa, sehingga lingkungan yang ada di Kota Denpasar ini, khususnya wilayah yang dilalui oleh sungai-sungai besar bisa tetap terjaga keasriannya,” jelas Wawali Arya Wibawa.

Baca Juga :  Lagi, Tim Yustisi Denpasar Jaring 16 Pelanggar Prokes

Selanjutnya, guna memastikan kegiatan bersih-bersih kali ini berjalan lancar, Dandim 1611/Badung, Kolonel Infantri I Made Alit Yudana, juga turut menerjunkan pasukannya di jajaran Kodim 1611/Badung. Sebanyak 25 orang personel dari Koramil 1611-01/Dentim dilibatkan, untuk membantu warga yang melaksanakan kegiatan dalam menyambut Hari Kebersihan Sedunia kal ini, serta memastikan warga tetap dalam kondisi yang fit dan displin menerapkan Prokes selama kegiatan bakti sosial tersebut berlangsung.

“Kita menurunkan sebanyak 25 personel TNI AD dari Koramil Dentim dalam mendukung kegiatan kali ini. Selain itu, kita juga memastikan disiplin prokes tetap dijalankan, sehingga setiap warga dan anggota komunitas yang melaksanakan kegiatan ini tetap aman dari Covid dan maksimal dalam menuai hasilnya,” tegas Dandim. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here