Ormawa
Wabup Patriana Inginkan Mahasiswa Ikut Organisasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna memberikan saran bagi mahasiswa untuk aktif berorganisasi. Menurut Wabup yang akrab disapa Ipat ini, dalam kehidupan kampus tidak cukup hanya berkutat dalam pendidikan akademis, tapi pengalaman organisasi sangat penting  dalam dunia kerja nanti.

“Tidak cukup hanya belajar di ruang kuliah. Tapi organisasi  akan memberikan pengalaman, mengembangkan diri sekaligus memupuk jaringan. Hal ini terasa di dunia kerja nanti,” kata Ipat saat membuka acara penguatan organisasi kemahasiswaan bertempat di Kampus Triatma Mulya Kecamatan Negara, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Cek Proyek Fisik di Denpasar, Minta Rekanan Agar Pembangunan Tepat Waktu dan Tepat Mutu

Berkaca dari pengalamannya, seringkali mahasiswa yang hanya berkutat di akademis saja belum tentu sukses berkiprah di dunia kerja. Sering kali yang non sarjana jauh lebih berhasil. Ini karena mereka belum pernah bekerja sama dengan orang lain sehingga tidak responsif akan permasalahan.

“Karena itu harus seimbang. Ikut organisasi untuk menambah wawasan, kepekaan kita beradaptasi akan lingkungan sekitar,” papar Wabup Ipat.

Sementara Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan  Pemuda Kemenpora RI Imam Gunawan mengatakan mahasiswa harus memilih isu penting, peran yang hendak diangkat. Diharapkan tema yang dipilih itu, mampu meningkatkan kontribusi organisasi dalam membangun Indonesia.

Baca Juga :  Wagub Cok Ace Apresiasi Kegiatan Vaksinasi oleh Polsek Dentim dan BVD

Menurut hematnya, salah satu tematik yang  relevan diangkat organisasi adalah  entrepreneurship/ kewirausahaaan.

“Kewirausahaan penting bagi organisasi kemahasiswaan. Mereka bisa menggarap value tiap kegiatan, mengasah kreativitas serta kemampuan inovasi,” terang Imam.

Selain itu tambahnya, apabila terus diasah mahasiswa akan memiliki keberanian mengambil resiko. Unsur-unsur baik inilah disebutnya bisa didapat dalam berorganisasi, berfokus soal enterpreneurship.

“Kesempatan ini saya mau provokasi adik adik mahasiswa, mudahan-mudahan  termotivasi terjun ke organisasi kemahasiswaan,” imbuhnya.

Kegiatan penguatan kelembagaan organisasi kemahasiswaan digelar Kemenpora untuk terus melakukan inovasi. Terlebih saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Bandara I Gusti Ngurah Rai Raih Protokol Kesehatan Terbaik se-Asia Tenggara

Turut hadir  Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Amar Ahmad, Wakil Rektor Universitas Triatma Mulya  Ni Luh Putu Agustini Karta, perwakilan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here