Pekaseh Denpasar
Wali Kota Jaya Negara Kukuhkan Forum Pekaseh Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara mengukukuhkan Forum Pekaseh Kota Denpasar Majelis. Pengukuhan secara simbolis dengan penyematan tanda pin kepada Ketua Forum Pekaseh, I Wayan Jelantik dilaksanakan pada, Jumat (27/8/2021) di Kantor Wali Kota Denpasar.

Dalam pengukuhan tersebut hadir juga Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Denpasar, yang juga Plt. Kadis Kebudayaan, AA Gede Risnawan. Forum Pekaseh ini dibentuk untuk melestarikan keberadaan subak di Kota Denpasar yang mana keberadaan lahan pertanian di Kota Denpasar makin terhimpit kawasan pemukiman.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Tinjau Pelaksanaan Donor Darah Serangkaian HUT ke-18 King of Fools

Disamping itu minat generasi muda untuk menekuni pertanian dewasa ini semakin menurun. Dibentuknya Forum Pekaseh ini sebagai media komunikasi antar petani di Kota Denpasar dalam mempertahkan eksistensi subak dan menggairahkan minat generasi muda untuk menekuni usaha di bidang pertanian.

Wali Kota Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh anggota Forum Pekaseh Kota Denpasar yang telah dikukuhkan.

“Saya berharap dengan dikukuhkannya forum Pekaseh ini ke depannya dapat tetap menjaga dan melestarikan keberadaan Subak sebagai warisan budaya dengan konsep Tri Hita Karana yaitu Prahyangan, Pewongan dan Palemahan yang merupakan salah satu bagian dari eksistensi subak,” ujar Jaya Negara.

Sementara Ketua Forum Pekaseh Kota Denpasar, I Wayan Jelantik mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar, khususnya kepada Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara telah melantik dan mengukuhkan dirinya sebagai ketua forum Pekaseh  Kota Denpasar.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Lepas Kirab Obor dan Apresiasi Kepahlawanan Desa Kesiman Petilan

Lebih lanjut dikatakannya, setelah dilaksanakannya pengukuhan ini kedepannya untuk pertanian di Denpasar dengan banyak perubahan seperti sekarang ini berharap  generasi muda juga dapat mengambil andil dalam bidang pertanian, apalagi dalam masa pandemi Covid-19, usaha pertanian cukup menjanjikan dan bisa bertahan dalam masa pandemi.

“Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa generasi muda harus mulai menggeluti profesi dan usaha di bidang pertanian. Jangan malu jadi petani, petani adalah profesi yang mulia,” katanya.

Selebihnya Wayan Jelantik mengatakan, terkait sudah dibentuknya koperasi untuk petani ini diharapkan seluruh pekaseh dapat bekerja sama sehingga ke depannya koperasi ini dapat berjalan dengan lancar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News