Undana Kupang
Prof. Dr. Simon Sabon Ola, S.Pd, M.Hum. Sumber Foto : Istimewa

Kerja sama dengan lembaga dan perusahaan asing perlu dirintis dengan mengembangkan program studi dan atau unit bisnis yang berskala global.

Untuk mencapai World Class University, sekarang waktunya untuk menciptakan manajemen yang berorientasi mutu. Dan Menteri mendorong kebijakan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Jangan takut mengirimkan mahasiswa Undana untuk memrogramkan mata kuliah tertentu di luar kampus di luar negeri. Mimpi untuk menjadi World Class University adalah sebuah keniscayaan.

Curriculum Vitae Prof. Simon.

Simon Sabon Ola, lahir di Desa Lamawolo, Kecamatan Ile Boleng, Pulau Asonara, Flores Timur,   22 Maret 1965, anak ke-6 dari Bapak Lukas Payong Dore (alm) dan Mama Maria Letek Sabon (almh). Menikah dengan Filomena Wilhelmina Abuk Berek, S.Pd. (alm). Anak-anak:  dr. Romario Vianney Wewang Geroda Langowuyo, S.Ked., Thomas  Ardian Payong Dore Langowuyo, dan Aurelia Agustina Uba Beren Langowuyo. Menikah lagi dengan dengan Dr. Lanny Isabela Dwisyahri Koroh, S.Pd., M.Hum.

Baca Juga :  Demam Pokémon di Bali, Perjalanan Pikachu Janjikan Kegembiraan Tak Terlupakan

Tamat SDK Lamawolo tahun 1976, SMP PGRI Gelekat Lewo tahun 1981, SPG Suryamandala-Waiwerang tahun 1984.  Kuliah program sarjana pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiai FKIP Undana, tamat taun 1990; S2 Linguistik pada PPs Universitas Udayana, tamat tahun 1997. Program Doktor Linguistik Universitas Udayana, tamat tahun 2005 dengan disertasi berjudul: “Tuturan Ritual dalam Konteks Perubahan Budaya pada Kelompok Etnik Lamaholot di Pulau Adonara, Flores Timur”.

Sejak tahun 1989 mengajar pada berbagai SMP, SMA, dan SMK di Kota Kupang. Tahun 1992 diangkat sebagai dosen pada FKIP undana. Sejak tahun 1997 mengajar pada sejumlah perguruan tinggi, antara lain: Unwira Kupang, Universitas Muhammadiyah Kupang, dan Universitas PGRI NTT. Pernah menjadi dosen tamu di Universitas Flores, Ende (2010—2011), Universitas Warmadewa (2016—2017), Institut Keguruan dan Teknologi (IKTL) Larantuka. Tahun 2011 dikukuhkan dalam jabatan fungsional Guru Besar bidang Sosiolinguistik dengan pangkat/golongan terakhir Pembina Utama Madya, IV/d. Pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Undana (2014—2018).

Baca Juga :  Jaring Ratusan Front Line People Terbaik, Astra Motor Bali Gelar Seleksi Tahap 1 KLHN 2024 Regional

Tidak kurang dari 40 artikel ilmiah telah dihasilkan dan dipublikasikan di berbagai jurnal, baik lokal nasional (terakreditasi), maupun internasional, di samping puluhan makalah yang telah dipresentasikan dalam berbagai pertemuan ilmiah nasional dan internasional bidang linguistik dan bidang budaya. Kini aktif melakukan penelitian budaya dan linguistik lintas-bidang. Buku yang dihasilkan: Sosiolinguistik, dan Linguistik Historis Komparatif (bersama Fredy Maunareng).(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News