TOSS Center
TOSS Center Mendapatkan Bantuan Dua Buah Mesin Pengayak Kompos. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Pemkab Klungkung I Ketut Suadnyana menerima bantuan CSR bertempat di TOSS Center Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan pada Jumat (20/8/2021).

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta mengucapkan terimakasih kepada para donatur dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung atas bantuan dan dukungannya dalam mensukseskan Toss Center yang digagas dari tahun 2018, sehingga kita dapat menjadi role model bagi Pemerintah Pusat mengenai implementasi dari pengolahan sampah.

Baca Juga :  Gubernur Koster Tinjau Pembangunan Normalisasi Tukad Unda di Kawasan Pusat Kebudayaan Bali

“Menjadikan TOSS Center seperti saat ini tidaklah gampang, dan membutuhkan waktu yang cukup panjang, ketika diawal membuat inovasi ini, tidak banyak yang mendukung, tidak banyak yang percaya, bahkan lebih banyak yang apriori, tetapi saya dan instansi terkait, tidak ingin menyerah begitu saja, maka kami buktikan dan hasilnya berupa apa yang ada saat ini di TOSS Center,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menyampaikan Pemkab Klungkung akan terus berusaha menjadikan TOSS Center tidak hanya sebagai tempat pengolahan sampah, tetapi juga sebagai tempat edukasi dan tempat rekreasi, dan konsepnya sudah disusun. Di dalam Toss Center ini akan terintegrasi dengan Pertanian dan Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  Bantu Korban Banjir Nusa Penida, Dealer Bersama AHASS Honda Klungkung Berikan Servis Motor Gratis

“Pemkab Klungkung kewalahan mencarikan alat penunjang untuk pengoperasian TOSS Center, Duit ada tetapi tidak bisa dilakukan pengadaan karena barang penunjang tidak terdapat di E-Katalog, sehingga semua alat penunjang yang ada berasal dari bantuan CSR,” imbuhnya.

Mengenai hal tersebut, Bupati Suwirta sudah melakukan koordinasi agar kedepan pengadaan alat-alat dapat dilakukan dengan menggunakan E-Katalog. Sehingga TOSS Center dapat menjadi inovasi yang dapat menjadi andalan dalam menuntaskan sampah.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here