Paskibraka
Sembilan Orang Paskibraka Buleleng Dikukuhkan. Sumber Foto : Istimewa

Sebelum dikukuhkan, sebanyak 33 orang siswa SMA/SMK di Kabupaten Buleleng mengikuti seleksi. Jumlah tersebut terdiri dari 18 putra dan 15 putri. Untuk tahap seleksi Disdikpora Kabupaten Buleleng melibatkan juri seleksi dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Singaraja, Ipda Nyoman Subratha dan dibantu oleh Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Buleleng. Seleksi digelar pada tanggal 6 April 2021 di GOR Bhuana Patra.

Tes yang harus dijalani setiap peserta seleksi adalah Pelatihan Baris Berbaris (PBB) meliputi sikap sempurna, sikap hormat, sikap istirahat, langkah tegak, jalan di tempat, hadap kanan dan kiri,  hadap serong kanan dan serong kiri, balik kanan, serta kesigapan. Pada tingkat Kabupaten, ditetapkan sepuluh orang terdiri dari lima orang putra dan lima orang putri.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Sampaikan Permintaan Pembangunan TPS3R Kepada Gubernur Bali

Beberapa syarat juga harus dipenuhi oleh peserta seleksi. Di antaranya untuk tinggi badan putra minimal 178 sentimeter dan maksimal 179 sentimeter. Untuk putri minimal 168 sentimeter dan maksimal 169 sentimeter. Selain itu, berkepribadian dan berakhlak mulia, memiliki fisik tegak dan tidak cacat (kaki tidak berbentuk O atau X) serta sehat jasmani dan rohani. Terutama gigi, kulit, dan mata yang dibuktikan dengan laporan pengecekan satu bulan terakhir dari dokter Rumah Sakit Daerah setempat.(adv/bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here