PKK
Putri Koster: Selain Edukasi, Gotong Royong Menjadi Pola yang Wajib DiKembangkan Saat Pandemi Covid-19. Sumber Foto : Istimewa

Peran TP PKK dalam memotivasi pertahanan perekonomian keluarga juga sinkron antara program PKK dengan pemerintah setempat. Karena paparan Covid-19 tidak hanya menyerang kesehatan fisik saja, namun juga secara tidak langsung menyerang kesehatan psikis.

Plt Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny Wardhany Sutjidra menambahkan bahwa program yang dioptimalisasi untuk mengurangi paparan Covid-19 salah satunya dengan menumbuhkan rasa saling memiliki tanggung jawab bersama dan gotong royong antar satu dengan yang lain. Yaitu dengan mengajak kembali kepada kader TP PKK untuk membangkitkan perannya sebagai pelopor untuk memberdayakan masyarakat, yakni bagaimana melakukan gotong royong untuk diri sendiri, bergotong royong untuk menjaga keluarga, lingkungan dan menjaga Bali.

Baca Juga :  Jawab Masukan dari Dewan, Pemkab Buleleng Segera Tata Pasar Anyar

“Bersama kita bergotong royong menjaga lingkungan agar tetap bersih, karena Covid-19 takut dengan lingkungan yang bersih dan nyaman. Hal ini bisa kita tunjukkan dengan cara bagaimana kita menjaga barang-barang yang sering digunakan dan wajib untuk dibersihkan dengan hand sanitizer dan disinfektan. Selain itu pikiran juga harus bersih agar imun tetap tinggi, jangan sampai stress dan lakukan doa untuk mendekatkan diri dengan Tuhan, ditambah banyak orangtua yang terdampak akibat pandemi Covid-19 dimana seorang bapak (sebagai kepala rumah tangga) tidak kerja, sementara anak-anak harus tetap sekolah sehingga seorang ibu memiliki tantangan untuk tetap maju dan wajib mulai menguasai digitalisasi dan melek teknologi,” imbuh Ny Wardhany Sutjidra.

Ditambahkannya, hendaknya jangan semua berpikir bahwa hidup ini susah, namun mari gunakan tangan untuk menghasilkan uang melalui media sosial. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian rumah tangga dan perbanyaklah/sering melakukan pertemuan kecil dengan orang lain yang memiliki motivasi untuk maju.

Baca Juga :  Disbud Buleleng Usulkan Tiga Tradisi untuk Meraih Predikat WBTB Tahun 2024

Pada kesempatan ini, juga diingatkan bahwa vaksinasi bukanlah cara yang memberikan janji seseorang untuk tidak terjangkit Covid-19, namun dengan melakukan vaksinasi maka seseorang sudah memiliki imunitas yang lebih kuat daripada yang belum mendapatkan vaksin. Sehingga setiap orang tua harus mampu memberikan pemahaman kepada anggota keluarganya mengenai pentingnya dilakukan vaksinasi untuk kekebalan tubuh. Dengan begitu akan tumbuh herd immunity.

Setelah mengisi dialog interaktif dengan tema ‘Peran PKK Dalam Memotivasi Masyarakat Bertahan Hidup di Masa Pandemi Covid-19’ bersama Ny Wardhany Sutjidra dan Agus Satuhedi selaku Ketua KADIN Buleleng, Ny Putri Suastini Koster melanjutkan kunjungan melakukan penyerahan beras dan buku kepada Fortuna Managemen.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News