Nasi Jinggo
Disdikpora Denpasar dan MKKS SMP Bagi-bagi Nasi Jinggo. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kondisi masyarakat Kota Denpasar yang terkena efek domino karena pandemi, membangkitkan rasa empati Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar bersinergi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Denpasar untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk membantu UMKM di Kota Denpasar, Disdikpora Kota Denpasar bersama MKKS SMP Kota Denpasar memborong nasi bungkus yang dijual UMKM di wilayah Desa Sumerta Kauh, Denpasar Timur, Minggu (1/8/2021).

Selanjutnya, sebanyak 250 bungkus nasi jinggo yang dibeli itu diserahkan ke Kantor Desa Sumerta Kauh dan di Posko PPKM Dusun Pagan Tengah, Sumerta Kauh, Denpasar Timur serta masyarakat yang membutuhkan. Nasi jinggo itu diserahkan Ketua MKKS SMP Kota Denpasar, I Wayan Murdana, bersama staf Disdikpora Kota Denpasar.

Baca Juga :  Pariwisata Mulai Menggeliat, Sejumlah Pelaku UMKM di Canggu Harapkan Adanya Peningkatan Kunjungan

Murdana mengatakan, di tengah perekonomian sulit akibat pandemi Covid-19, pola hidup masyarakat secara otomatis akan berubah. Masyarakat lebih memilih hidup hemat dengan memasak sendiri di rumah. Akibatnya, banyak pedagang nasi bungkus yang jualannya tak laku.

“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikppra) Kota Denpasar dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Denpasar, membangun rasa empati dan menyame braya di tengah pandemi Covid-19,” sebutnya.

Murdana menambahkan, pandemi Covid-19 yang mewabah hingga saat ini sangat dirasakan dampaknya bagi masyarakat Kota Denpasar. Tak hanya sektor kesehatan, perekonomian masyarakat juga mengalami goncangan hebat.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Ikuti Pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2021

Menurutnya, program ini membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner seperti warung nasi dan lainnya tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

“Ini adalah bentuk kontribusi pemberdayaan UMKM sesuai instruksi Bapak Wali Kota Denpasar yang meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Denpasar untuk membantu perekonomian desa/kelurahan. Termasuk kita di persekolahan atas ide cemerlang Bapak Kadisdikpora Kota Denpasar bergerak membantu UMKM yang ada di Kota Denpasar,” kata Murdana.

Program ini, sambung Murdana, juga sudah sosialisasikan pada satuan pendidikan khususnya di jenjang SMP di Kota Denpasar untuk mengikuti hal serupa di wilayah masing-masing. Dengan begitu vibrasi gerakan positif pemberdayaan UMKM ini akan terjadi gerakan kapasitas peningkatan penghasilan UMKM.

Baca Juga :  Tim Yustisi Denpasar Harapkan Masyarakat Tetap Taati Prokes

“Ide Bapak Kadisdikpora sangat cemerlang. Kalau tidak dari kita yang membantu semeton, siapa lagi. Dengan bergerak bersama-sama akan terjadi peredaran peningkatan dan pertubuhan ekonomi di Kota Denpasar di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya menandaskan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here