Nasi Jinggo
Disdikpora Denpasar dan MKKS SMP Bagi-bagi Nasi Jinggo. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kondisi masyarakat Kota Denpasar yang terkena efek domino karena pandemi, membangkitkan rasa empati Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar bersinergi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Denpasar untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk membantu UMKM di Kota Denpasar, Disdikpora Kota Denpasar bersama MKKS SMP Kota Denpasar memborong nasi bungkus yang dijual UMKM di wilayah Desa Sumerta Kauh, Denpasar Timur, Minggu (1/8/2021).

Selanjutnya, sebanyak 250 bungkus nasi jinggo yang dibeli itu diserahkan ke Kantor Desa Sumerta Kauh dan di Posko PPKM Dusun Pagan Tengah, Sumerta Kauh, Denpasar Timur serta masyarakat yang membutuhkan. Nasi jinggo itu diserahkan Ketua MKKS SMP Kota Denpasar, I Wayan Murdana, bersama staf Disdikpora Kota Denpasar.

Baca Juga :  Serangkaian Pelaksanaan Posyandu Paripurna, Ketua TP PKK Kota Denpasar Ajak 240 Orang Lansia Tirta Yatra

Murdana mengatakan, di tengah perekonomian sulit akibat pandemi Covid-19, pola hidup masyarakat secara otomatis akan berubah. Masyarakat lebih memilih hidup hemat dengan memasak sendiri di rumah. Akibatnya, banyak pedagang nasi bungkus yang jualannya tak laku.

“Kegiatan ini merupakan bentuk sinergi Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikppra) Kota Denpasar dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kota Denpasar, membangun rasa empati dan menyame braya di tengah pandemi Covid-19,” sebutnya.

Murdana menambahkan, pandemi Covid-19 yang mewabah hingga saat ini sangat dirasakan dampaknya bagi masyarakat Kota Denpasar. Tak hanya sektor kesehatan, perekonomian masyarakat juga mengalami goncangan hebat.

Menurutnya, program ini membantu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner seperti warung nasi dan lainnya tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Libur Lebaran di Bali Nyaman Pakai Mobil Listrik, Ini Alasan Mereka

“Ini adalah bentuk kontribusi pemberdayaan UMKM sesuai instruksi Bapak Wali Kota Denpasar yang meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Denpasar untuk membantu perekonomian desa/kelurahan. Termasuk kita di persekolahan atas ide cemerlang Bapak Kadisdikpora Kota Denpasar bergerak membantu UMKM yang ada di Kota Denpasar,” kata Murdana.

Program ini, sambung Murdana, juga sudah sosialisasikan pada satuan pendidikan khususnya di jenjang SMP di Kota Denpasar untuk mengikuti hal serupa di wilayah masing-masing. Dengan begitu vibrasi gerakan positif pemberdayaan UMKM ini akan terjadi gerakan kapasitas peningkatan penghasilan UMKM.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

“Ide Bapak Kadisdikpora sangat cemerlang. Kalau tidak dari kita yang membantu semeton, siapa lagi. Dengan bergerak bersama-sama akan terjadi peredaran peningkatan dan pertubuhan ekonomi di Kota Denpasar di tengah pandemi Covid-19,” ungkapnya menandaskan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News