Donor Darah
Bantu Penderita Covid-19, Gerakan Pramuka Kwarda Bali Ikut Laksanakan Donor Darah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka Hari Pramuka ke-60, serta untuk ikut memperingati hari jadi Provinsi Bali ke-63, 14 Agustus 2021, Gerakan Pramuka Kwarda Bali bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali, Palang Merah Indonesia (PMI) Bali, RSUP Sanglah dan Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) berpartisipasi pada kegiatan donor darah plasma konvalesen yang diperuntukkan bagi sesama yang membutuhkan terutama pasien Covid-19. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Wiswa Sabha Kantor Gubernur Bali, Kamis (12/8/2021) kemarin.

Ketua Kwarda Bali, Made Rentin menyampaikan bahwa, untuk membantu mempercepat kesembuhan para pasien Covid-19 salah satu terapi yang dilakukan adalah dengan cara mentransfusi plasma konvalesen ke dalam tubuh penderita. Maka dari itu bagi warga khususnya anggota pramuka yang pernah terpapar Covid-19 diharapkan bisa mendonorkan darahnya khususnya plasma konvalesen sehingga makin banyak penderita bisa disembuhkan.

Baca Juga :  Distan Denpasar Gandeng Yayasan BAWA Sisir Anjing Liar di Kelurahan Serangan, Lakukan Vaksin Rabies dan Sterilisasi

“Dengan semakin banyaknya pendonor yang melakukan donor plasma konvalesen maka akan semakin banyak juga jiwa yang tertolong dan terbebas dari virus corona yang satu setengah (1,5) tahun mengintai dan memakan korban,” jelasnya.

“Selain kebutuhan terhadap plasma konvalesen, kebutuhan terhadap darah sangat tinggi, karena memang sangat banyak pasien yang dirawat di rumah sakit juga membutuhkan darah dan donor dari masyarakat untuk membantu kebutuhan darah tersebut sangat dibutuhkan,” tambahnya.

Rentin yang juga Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Bali juga menjelaskan bahwa untuk mengundang masyarakat, khususnya anggota pramuka untuk ikut donor, Kwarda Bali sejak beberapa hari sebelumnya sudah menyebarkan pamflet melaui media sosial, maupun melalui group-group whatsapp.

Disamping itu Kwarda Bali juga menyebarkan Link, untuk menerima pendaftaran secara online. Terakhir, Rentin menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, ASN maupun Non ASN dan anggota Pramuka yang telah bersedia mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan. Semoga apa yang telah dilakukan hari ini bisa meringankan penderitaan para pasien di rumah sakit terutama yang memang membutuhkan darah.

Baca Juga :  Serahkan Antribut Kepada "Gen Dental" di Ajang DEF, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Transaksi Digital di Berbagai Sekolah

“Sekali lagi saya ucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah ikut berpartisipasi melakukan donor darah pada hari ini,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra yang Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali yang berkesempatan hadir meninjau pelaksanaan donor darah mangajak kepada seluruh ASN dan Non ASN yang memenuhi syarat agar turut mendonorkan darahnya terlebih plasma konvalesen, di Gedung Wiswa Sabha Utama.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi bali terhadap pasien Covid-19 dan masyarakat umum yang membutuhkan,” tambahnya.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Kota Denpasar Terima Kunjungan TP PKK Kota Medan

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung Wiswa Sabha Utama berlangsung dua (2) hari yaitu tanggal 12 dan 13 Agustus 2021.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News