Bank Indonesia
Bank Indonesia Serahkan Bantuan Program Sosial Bank Indonesia ke Persatuan Wartawan Indonesia dan Capacity Building Sistem Pembayaran Non Tunai Kepada Media. Sumber Foto : Istimewa

Ke depan, turis dari Indonesia dapat menggunakan aplikasi dompet elektroniknya untuk bertransaksi di Thailand tanpa perlu menginstal maupun top up saldo dompet elektronik yang baru. Turis Indonesia cukup menggunakan aplikasi yang sudah tersedia di Indonesia karya anak bangsa.

Acara dilanjutkan dengan pemberian Capacity Building Media tentang sistem pembayaran nontunai oleh Agus Sisto Widjajati selaku Kepala Divisi Implementasi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Intern.

Paparan dimulai dengan penjelasan visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang didalamnya mencakup: (i) integrasi ekonomi-keuangan digital nasional, (ii) digitalisasi perbankan, (iii) interlink antara fintech dengan perbankan, (iv) keseimbangan antara inovasi dengan consumer protection, integritas dan stabilitas, serta persaingan usaha yang sehat, dan (v) menjamin kepentingan nasional dalam ekonomi-keuangan digital antar negara. Latar belakang penerapan SPI 2025 ini ialah perkembangan digitalisasi dan inovasi yang mengakibatkan semakin tingginya kompleksitas kegiatan dan variasi model bisnis penyelenggara sistem pembayaran.

Ke depan dengan implementasi SNAP, Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), baik perbankan maupun non perbankan dapat saling bertukar data sepanjang telah mendapatkan persetujuan dari konsumen dan harus dilakukan dengan standar keamanan yang ketat. Dengan adanya fakta bahwa ‘data is the new oil’, penerapan open banking akan mencegah monopoli kepemilikan data hanya oleh pihak-pihak tertentu saja.

Baca Juga :  Prakiraan Musim Kemarau Provinsi Bali Tahun 2024

Selain itu, sejumlah manfaat implementasi SNAP oleh industri diantaranya: (i) Efisiensi, keamanan, dan keandalan, (ii) Inovasi dan daya saing melalui interlink bank dengan fintech untuk mendukung inklusi keuangan, dan (iii) Mitigasi risiko shadow banking melalui penerapan regulasi dan standar yang setara dalam layanan Open API pembayaran bagi bank dan fintech untuk mewujudkan level of playing field.

Uji coba QRIS lintas negara Indonesia-Thailand diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Thailand ke Indonesia, terutama ke Bali setelah pandemi Covid-19 berakhir. Jumlah wisatawan Thailand yang berkunjung ke Bali pada tahun 2019 sebanyak 61.089 orang. Di samping itu, interkoneksi (keterhubungan) QRIS dengan Thai QR Payment diyakini akan mendorong tingkat pengeluaran/belanja wisatawan Thailand selama menginap di Bali.

Baca Juga :  Akhiri Masa Jabatan, Konjen Jepang Berpamitan pada Wali Kota Jaya Negara

Adapun jumlah merchant yang sudah terhubung dengan QRIS di Bali hingga saat ini sudah mencapai dari 276.776 merchant dengan nominal serta volume transaksi yang terus meningkat signifikan terutama selama pandemi Covid-19.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News