HAN
Sambut Hari Anak, FAD Kota Denpasar Gelar Berbagai Kegiatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sambut Hari Anak Nasional, (FAD) menggelar berbagai lomba. Ini sebagai salah satu memeriahkan peringatan Hari Anak. Demikian disampaikan Ketua FAD Kota Denpasar, Komang Nova saat ditemui di Kota Denpasar, Kamis (22/7/2021).

Lebih lanjut Komang Nova menambahkan saat iniForum Anak Denpasar  Kota Denpasar merupakan Kota Layak Anak dengan Kategori Utama. Dimana hal ini bisa tercapai salah satunya karena Komitmen Pemerintah Kota Denpasar bersama stakeholder terkait untuk mewujudkan Kota Denpasar ramah bagi anak dengan berupaya memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak-anak Kota Denpasar.

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli serentak di seluruh Indonesia. Peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Kembali Tinjau Lokasi Rencana Pembangunan TPS3R Kelurahan Panjer 

Berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan HAN tahun ini menghadapi tantangan karena adanya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia yang berimplikasi pada masyarakat, terutama anak, mengalami berbagai persoalan seperti masalah pengasuhan bagi anak yang orangtuanya positif Covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta meningkatnya kasus kekerasan selama pandemi sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah.

Berdasarkan tantangan tersebut, maka tema HAN tahun 2021 adalah ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ dengan Tagline #AnakPedulidiMasaPandemi. Hal ini sebagai motivasi bahwa pandemik tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi makna HAN.

Sementara Tema HAN Tahun 2021 di Kota Denpasar adalah ‘Bersinergi dalam Kreasi Berbasis Budaya dan Teknologi’. Dimana tema ini mengajak anak-anak Kota Denpasar untuk tetap Aktif dan kreatif di masa Pandemi Covid-19 dengan memanfaatkkan teknologi yang ada dan tetap tidak melupakan budaya, salah satunya adalah melalui permainan tradisional.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here