Bawang
PPKM Diperpanjang, PLN Tetap Dukung UMKM Bertahan dengan Manfaatkan Electrifying Lifestyle. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan Level 3 di sejumlah wilayah di Pulau Jawa dan Bali hingga 2 Agustus 2021. Pembatasan ini tentu berdampak terhadap perekonomian, tak terkecuali usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang hingga kini masih berupaya bertahan.

Adalah Berkat Karunia Bali, salah satu UMKM yang mencoba bertahan di tengah Pandemi Covid–19. UMKM yang berada di bawah binaan Program PLN Peduli melalui Rumah BUMN Denpasar ini merupakan pelaku usaha yang memproduksi obat herbal dari bawang putih.

Bawang putih yang diproduksi telah terlebih dahulu difermentasi hingga berubah warna menjadi kehitaman yang kemudian ia namakan produknya dengan nama Black Garlic.

“Kami memanfaatkan penggunaan penghangat nasi untuk melakukan proses fermentasi selama 14 hari untuk memastikan temperaturnya terjaga,” jelas Desak Ketut Lintang Wardani, selaku pemilik usaha Berkat Karunia Abadi.

Baca Juga :  Tetap #Cari_Aman di Bulan Ramadhan, Berikut Tips Berkendara yang Nyaman

Desak yang menjalankan usahanya di Jl. Gunung Patas, Dampang Sari I No. 5 Banjar Tegal Buah, Padangsambian Kelod, Denpasar Barat ini mengungkapkan walaupun saat ini masih dalam masa pandemi, namun permintaan terhadap Black Garlic, produk yang ia hasilkan ini tetap tinggi, sehingga kedepannya ia akan menambah jumlah penghangat nasi yang saat ini baru 9 unit.

“Kami telah melakukan tambah daya listrik dari daya 1.300 VA ke 3.500VA untuk meningkatkan kapasitas produksi karena selama ini permintaan meningkat dan kami merasa perlu dukungan listrik dengan daya yang lebih besar,” kata Desak.

Baca Juga :  Weekend Bersama New Honda Stylo 160, HCB Ajak Bikers Fashion Meet Up

I Made Arya, Manager Komunikasi PLN Bali mengatakan bahwa PLN siap untuk memasok listrik kepada UMKM–UMKM yang hingga kini masih harus bertahan terhadap tekanan ekonomi di masa Pandemi.

“Kami pastikan pasokan listrik cukup, sehingga kami mendorong pelaku usaha untuk berinovasi memanfaatkan teknologi–teknologi berbasis listrik atau electrifying lifestyle, yang lebih hemat dan efisien untuk kinerja usahanya,” jelas Arya.

Lebih lanjut Arya menjelaskan, UMKM berbasis Rumah Tangga saat ini dapat memanfaatkan promo tambah daya yang sedang berlangsung hingga 31 Agustus 2021.

Baca Juga :  #Cari_Aman Menyalip Kendaraan Besar di Jalan, Ini Tips Lengkapnya

“Silakan langsung download aplikasi New PLN Mobile, upgrade akun, dan bisa daftar langsung untuk perubahan daya khususnya dari daya 450 VA – 900 VA ke daya maksimum 5.500 VA. Sedangkan bagi yang ingin tambah daya hingga 11.000 VA dapat memanfaatkan promo Green Lifestyle dengan membeli Renewable Energy Certificate terlebih dahulu dan kemudian dapat menikmati promo tambah daya hingga 31 Juli 2021,” kata Arya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News