ITB STIKOM Bali
Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Meski baru dua tahun bertransformasi dari sekolah tinggi menjadi institut, kini ITB STIKOM Bali tampil sebagai perguruan tinggi swasta terpopuler di Bali dan Nusa Tenggara (Nusra).

Hal itu bisa terlihat dari ranking perguruan tinggi dunia yang dikeluarkan oleh webometrics, edisi Juli 2021 sebagaimana dalam websitenya https://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia%20.

Secara nasional, dari 4.593 perguruan tinggi negeri dan wasta di Indonesia, ITB STIKOM Bali menempati ranking 117 dan masuk ranking 6.179 dunia dari sekitar 300.000 perguruan tinggi di seluruh dunia.

Tetapi khusus di wilayah Bali dan Nusra, ITB STIKOM Bali menjadi satu-satunya perguruun tinggi swasta yang menempati ranking lima besar. Ranking satu sampai empat ditempati perguruan tinggi negeri di Lombok dan Bali. Ha ini menjadikan ITB STIKOM Bali kampus PTS terpopuler di Bali dan Nusra.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Mudik Bersama BUMN PT Pegadaian Kanwil VII

Terhadap penilaian webometrics ini, Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan mengaku agak kaget sekaligus bersyukur.

Dia mengatakan, meski kampusnya baru dua tahun bertransformasi menjadi institut tetapi kinerjanya sungguh membanggakan.

“Jujur saya agak kaget tetapi juga bersyukur bisa masuk ranking 117 nasional dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang masuk ranking lima besar di Bali dan Nusra bersama perguruan tinggi negeri yang memang sudah beken duluan,” kata Dadang Hermawan didampingi Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama dan Inovasi, I Made Sarjana, SE, MM, dalam rilis kepada media ini, Kamis (29/7/2021).

Menurut Dadang Hermawan, prestasi yang diraih ini karena kekompakan seluruh civitas akademika ITB STIKOM Bali yang memang sudah dibangun dan berjalan harmonis sejak kampus IT pertama di Bali ini berdiri pada 10 Agustus 2002.

Baca Juga :  Kelurahan Renon Laksanakan Pendaftaran Penduduk Non Permanen dan Sosialisasi Kamtibmas

“Saya pantas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada civitas akademika ITB STIKOM Bali dan pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar atas dukungan dan kerja sama yang terjalin baik selama ini sehingga ITB STIKOM Bali telah berkembang menjadi kampus IT terpopuler dan akan terus bergerak maju menuju World Class University. Apa yang dirilis oleh webometrcis kali ini melengkapi berbagai prestasi yang sudah kami raih sebelumnya dan semua itu karena kekompakan kami di ITB STIKOM Bali bersama pihak yayasan,” ucap Dadang Hermawan.

Baca Juga :  PLN Selalu Siaga & Waspada di Setiap Titik SPKLU untuk Sambut Arus Balik

Webometrics adalah sebuah organisasi yang berkedudukan di Spanyol yang sejak Juli 2012 melakukan kegiatan pemeringkatan perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh dunia. Setiap tahun webometerics merilis hasil peniaiannya terhadap lebih dari 300.000 perguruan tinggi swasta dan negeri di 200 negara di dunia berdasarkan website perguruan tinggi tersebut.

Indikator yang digunakan untuk menentukan ranking perguruan tinggi terbaik di dunia visibility atau impact sebesar 50 persen, tranparansi atau openness 10 persen, dan  excellence atau keunggulan sebesar 40 persen.

Hasil pemeringkatan ini sekaligus menunjukkan bahwa perguruan tinggi sebagai sebuah lembaga yang sangat baik dari berbagai bidang. Salah satunya dari sisi pengelolaan website perguruan tinggi tersebut. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News