Warga LP
Lapas Kerobokan Berikan Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bersertifikat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Senin (26/7/2021) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali melaksanakan Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bersertifikat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIA Kerobokan. Pelatihan bersertifikat ini dilaksanakan dari bulan Januari 2021 sampai dengan bulan November 2021 dengan menghadirkan 2 orang Instruktur setiap bulannya.

Pelaksanaan Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bersertifikat ini dibagi menjadi 4 tahapan dan pada bulan Juli ini telah memasuki tahap kedua dimana sebelumnya pada tahap pertama WBP diajarkan untuk menyiapkan lahan, sarana dan parasarana yang dilanjutkan dengan pembibitan jenis tanaman sayur kemudian penanaman sayur hijaudan kangkung.

Baca Juga :  RS Unud Kini Layani Pemeriksaan CD4 Bagi Masyarakat yang Mengalami Gangguan Sistem Imun

Sedangkan pada tahap kedua para WBP dilatih untuk menanam tanaman Hidroponik. Terlihat para WBP Lapas Kerobokan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Hidroponik tersebut. Selama pelatihan, WBP diajarkan dari awal proses pembuatan media menggunakan pipa hingga cara perawatan tanaman. Meskipun tergolong baru, warga binaan dengan mudah menyerap ilmu yang dipaparkan instruktur.

“Bertani hidroponik seperti ini bisa menjadi solusi pangan khususnya di dalam lingkungan Lapas selain lebih hemat lahan dan waktu tentunya sayur mayur yang dipanen lebih higienis karena pemeliharan dan perawatannya terjaga dari bahan-bahan kimia,” ungkap Jamaruli Manihuruk

Baca Juga :  Bupati Launching dan Salurkan Program Keluarga Harapan di Badung

Tak hanya mendapatkan ilmu, warga binaan juga memperoleh sertifikat yang menandakan bahwa mereka mampu dalam membudidaya tanaman dengan metode hidroponik. Sertifikat ini nantinya sebagai bekal mereka di luar bahwa mereka telah dilatih di dalam Lapas untuk menjadi ahli hidroponik. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini