Malware
Maskot Olimpiade Tokyo, Sumber Foto : https://olympics.com/tokyo-2020/en/games/olympics-mascot/

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebuah perusahaan keamanan Jepang mengatakan telah menemukan sampel malware bertema Olimpiade yang berisi fungsionalitas untuk menghapus file pada sistem yang terinfeksi dan tampaknya ditargetkan pada PC yang berada di negara Jepang.

Penemuan malware penghapus atau dikenal dengan nama wiper terjadi pada Rabu (21/7/2021) lalu, terjadi dua hari menjelang upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (23/7/2021).

Ditemukan dan dianalisis oleh perusahaan keamanan Jepang Mitsui Bussan Secure Directions (MBSD), wiper tidak hanya menghapus semua data komputer, tetapi juga secara fokus melakukan pencarian hanya untuk jenis file tertentu yang terletak di folder Windows pribadi pengguna.

Selain secara khusus menghapus file Microsoft Office, wiper juga mentargetkan file TXT, LOG, dan CSV, yang terkadang dapat menyimpan log, database, atau informasi kata sandi.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka DTIK Fest 2024, Jadi Wahana Edukasi Tingkatkan Jejaring dan Kolaborasi

Selain itu, wiper juga menargetkan file yang dibuat dengan aplikasi pengolah kata Jepang Ichitaro, yang membuat tim MBSD percaya bahwa wiper secara khusus dibuat untuk menargetkan komputer di Jepang, dimana aplikasi Ichitaro biasanya digunakan.

Fitur lain yang ditemukan di wiper juga termasuk anti analysis Raft dan pendeteksi anti-VM untuk mencegah malware agar tidak mudah dianalisis dan diuji dan kemampuan malware untuk menghapus dirinya sendiri setelah operasi penghapusan selesai.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News