Vaksin
Buleleng Mulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 12-17 Tahun. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Kabupaten Buleleng memulai vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 12-17 tahun. Tentunya vaksinasi ini dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Vaksinasi yang dilakukan perdana di SMP Negeri 1 Singaraja ini dipantau langsung oleh Bupati selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Senin (5/7/2021).

Ditemui usai pemantauan, Agus Suradnyana menjelaskan peluncuran vaksinasi untuk anak-anak usia 12-17 tahun berbarengan dengan peluncuran di provinsi oleh Gubernur Bali. Sesuai dengan kewenangan yang dimiliki kabupaten, vaksinasi ini dilakukan di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Provinsi sesuai dengan kewenangannya melakukan vaksinasi di tingkat Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK).

“Dipantau seluruhnya oleh Pak Gubernur di seluruh sekolah. Anak-anak SMP kelas VIII saja yang divaksin. Kelas VII tidak. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Sesuai dengan arahan dari Dinas Kesehatan, dipilih vaksin yang efek sampingnya lebih ringan,” jelasnya.

Baca Juga :  Resmikan Kantor Baru, Pj Bupati Buleleng Ingin Kinerja Perangkat Desa Selat Meningkat

Vaksinasi yang dilakukan oleh di SMP Negeri 1 Singaraja kali ini sudah menerapkan prokes secara ketat. Termasuk bergiliran dan tidak menimbulkan kerumunan. Siswa datang tidak bersamaan. Datang 20 orang setiap 20 menit.

Proses vaksinasi dimulai dari pendaftaran, screening, sampai vaksinasi berjalan selama sepuluh menit. Waktu jeda untuk istirahat dan observasi 15 menit. Setelah itu boleh pulang dan dijemput oleh orang tua.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News