HAN
Pelaksanaan kegiatan serangkaian peringatan Hari Anak Nasional di Kota Denpasar beberapa waktu lalu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Meski di tengah pandemi Covid-19, Beragam kegiatan dikemas Forum Anak Daerah (FAD) Kota Denpasar guna memeriahkan Peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh setiap tanggal 23 Juli. Tentunya, peringatan tahun ini dilaksanakan dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan tanpa mengurangi semangat peringatan Hari Anak Nasional.

Ketua FAD Kota Denpasar, Komang Nova bersama Ketua Panitia HAN Nasional Kota Denpasar Tahun 2021, Komang Agus Wahyu Wana Wangsawan saat diwawancarai Jumat (24/7/2021) menjelaskan, Kota Denpasar merupakan Kota Layak Anak dengan Kategori Utama.

Dimana hal ini bisa tercapai salah satunya karena Komitmen Pemerintah Kota Denpasar bersama stakeholder terkait untuk mewujudkan Kota Denpasar ramah bagi anak dengan berupaya memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak-anak Kota Denpasar.

Di tahun ini, beragam kegiatan turut dilaksanakan guna memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2021 di Kota Denpasar. Bergerak dalam tema besar ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’ dengan Tagline #AnakPedulidiMasaPandemi.

Baca Juga :  Tak Ada Ampun Bagi Guru Terlibat Narkoba, Langsung Dipecat

Lebih lanjut dijelaskan, secara khusus tema HAN Tahun 2021 di Kota Denpasar yakni ‘Bersinergi dalam Kreasi Berbasis Budaya dan Teknologi’. Dimana tema ini mengajak anak-anak Kota Denpasar untuk tetap Aktif dan kreatif di masa Pandemi Covid-19 dengan memanfaatkkan teknologi yang ada dan tetap tidak melupakan budaya, salah satunya adalah melalui permainan tradisional.

“Hal ini sebagai motivasi bahwa pandemik tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi makna HAN,” jelasnya.

Nova menjelaskan, peringatan HAN Tahun 2021 di Kota Denpasar diisi melalui lomba-lomba untuk Anak dan remaja dalam pemenuhan hak partisipasi anak yang dimulai sejak pertengahan Bulan Juni Tahun 2021. Kegiatan ini dihelat Forum Anak Daerah Kota Denpasar yang bekerjasama dengan APSAI Kota Denpasar dan stakeholder terkait ini dikemas secara Daring dan Luring.

Beberapa kegiatan yakni Lomba Melukis Tote bag untuk anak ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), Lomba Mewarnai untuk anak TK & Paud,  Lomba Megending Rare untuk anak umur dibawah 14 Tahun, Lomba Mesatua Bali untuk anak umur dibawah 14 Tahun, Lomba Cerdas Cermat untuk anak SD, Lomba Menyanyi Grup Lagu Nasional untuk anak SMP.

Selanjutnya terdapat pula Lomba Poster Digital untuk anak SMP & SMA, Lomba Esai Kritik untuk anak umur dibawah 18 Tahun, Lomba Video Pendek untuk anak umur dibawah 18 Tahun dan Lomba Video Tiktok untuk anak umur dibawah 18 Tahun. Sedangkan Puncak Hari Anak Nasional Tahun 2021di Kota Denpasar rencananya akan dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2021 mendatang.

Baca Juga :  Hardcoff, Cafe dengan Suasana Santai di Tengah Kota Denpasar

“Peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” jelasnya.

“Semoga melalui Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, Anak-anak Indonesia khususnya anak-anak di Kota Denpasar tetap menjadi anak yang berprestasi, gembira, kreatif, dan inovatif. Anak Terlindungi, Denpasar Maju,” imbuhnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini