Sanur
Pelaksanaan Upacara Peneduh, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Segara Mertasari Sanur bertepatan dengan rahina Sukra Kliwon Wuku Bala, Jumat (23/7/2021). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemkot Denpasar menggelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Segara Mertasari Sanur bertepatan dengan rahina Sukra Kliwon Wuku Bala, Jumat (23/7/2021).

Upacara ini dilaksanakan sebagai upaya mendukung penanganan pandemi Covid-19 secara niskala. Sehingga diharapkan Covid-19 atau gering agung ini dapat segera usai.

Rangkaian upacara diawali dengan ngaturang banten pemlehpeh dan pecaruan, dilanjutkan dengan persembahyangan bersama dan mulang pakelem di tengah laut. Seluruh rangkaian acara di puput Ida Pedanda Gede Putra Sari Arimbawa dari Griya Sari, Tegal Denpasar. Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara bersama Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede ikut serta mulang pakelem di tengah laut.

Tampak hadir Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, Dandim 1611 Badung, Kolonel Inf. I Made Alit Yudana, Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya, Bendesa Madya MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana serta jajaran Desa Adat Sanur.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagiaan di Bulan Suci Ramadhan, ACC Gelar Program CSR ”Tumbuh-kan Kebaikan” di Bali

Kordinator Upacara, Cokorda Wisnu Wardhana mengatakan, upacara Paneduh, Pamlehpeh lan Mulang Pakelem yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dipersembahkan kepada Sang Hyang Druwa Rsi. Hal ini dimuat dalam Lontar Roga Sanggara Bumi yang berkaitan dengan keberadaan Sasap Merana Gering Agung Covid-19.

“Upacara ini untuk menetralisir kekuatan negatif yang dilaksanakan di tiga tempat, yakni Giri Bali di Pura Pangubengan Besakih, selanjutnya di Pengulun Setra di Pura Prajapati Desa Adat Denpasar, dan di Penepining Segara di Pantai Mertasari Sanur yang didahului dengan banten Pecaruan dan Guru Bendu Piduka,” ujarnya.

Baca Juga :  Peluncuran Program TPAKD Kota Denpasar: Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas Pertanian, Simpanan Pelajar, dan UMKM Bali Nadi Jayanti

Cok Wisnu berharap, dengan pelaksanaan upacara paneduh, pamlehpeh dan mulang pakelem ini diharapkan mampu menetralisir merana gering agung atau Covid-19 yang mewabah saat ini.

“Semoga gering agung Covid-19 yang sedang mewabah saat ini dapat segara teratasi dan segera usai, semoga kita sehat selalu dan selalu dalam lindungan Tuhan,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News