UGM
UGM Beri Pendampingan Petani Bunga Krisan di Kulon Progo. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – UGM memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani Bunga Krisan Guyup di Kalurahan Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, DIY. Pendampingan dilakukan untuk mendukung upaya budidaya bunga krisan melalui sejumlah program.

Salah satu program yang dijalankan adalah workshop produksi pupuk cair berbahan urin (biofertilizer) dan kewirausahaan bertajuk ‘Optimalisasi Potensi Bunga Krisan Melalui Aplikasi Biofertilizer dan Sistem Pemasaran Berbasis Experimental Economics’ yang dilaksanakan Rabu (16/6/2021).  Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat berbasis desa binaan yang didanai oleh DPKM UGM periode 2021.

Baca Juga :  Aksi Kolaborasi Generasi Muda dan Yayasan AHM Bangun Negeri

Workshop dibuka oleh Lurah Gerbosari, Damar A.Md dan diisi Dwi Umi Siswanti, S.Si.,M.Sc (Fakultas Biologi) dan M. Ryan Sanjaya, Ph.D. (FEB). Ryan menyampaikan keunggulan produk krisan Gerbosari adalah sudah adanya kerjasama dengan floris.

Dengan begitu, harga tidak dinamis serta batang tanaman yang kuat dan tidak mudah layu dibanding produk pesaing. Hanya saja, produk kelompok tani ini adalah produktivitas yang belum dapat memenuhi permintaan pasar dan warna mahkota bunga yang tidak secerah tampilan krisan dari produk pesaing.

Baca Juga :  Raih Podium Tertinggi, Pebalap Astra Honda Lanjutkan Kejayaan di Asia Talent Cup Qatar

Selain itu, kelompok tani ini harus berkompetisi melawan pesaing yang harganya jauh lebih murah karena adanya panen raya. Karenanya perlu ada diversivikasi produk berbahan krisan dan jalur pemasaran alternatif

“Kita harus mengupayakan menjual produk dengan harga yang mencerminkan nilai barang tersebut di mata konsumen, bukan berdasar pada seberapa besar cost yang telah dikeluarkan dalam berproduksi. Maka strategi pemasaran yang selayaknya dijalankan adalah Marketing Mix atau Strategi Pemasaran 4P yaitu promotion, product, price dan place,” imbuh Ryan.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News