Teknologi
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster. Sumber Foto : Istimewa

Oleh karena itu, kata dia, orang tua juga harus menjadi contoh bagi anak, khususnya menjadi contoh yang baik terutama saat penggunaan gadget.

“Orang tua perlu memberikan batasan maksimal bagi anak-anak untuk menggunakan gadget terutama bagi mereka yang masih berusia di bawah 10 tahun. Namun orang tua yang harus menerapkan pembatasan maksimal (hitungan maksimal hitungan jam) menggunakan gadget setiap harinya,” kata Ny. Putri Koster.

Sebab menurut Ny. Putri Koster, perilaku orang tua tentu saja akan menjadi contoh bagi tumbuh kembang anak-anaknya. Sehingga, tambahnya, penting bagi orang tua untuk membekali pemahaman wawasan dan ilmu yang patut dilakukan saat berada bersama buah hatinya.

“Siapkan waktu khusus bagi keluarga terutama anak-anak agar mereka tidak kehilangan momentum kebersamaan dengan orang tua. Di samping itu perlu juga dilakukan pengawasan situs yang di akses oleh putra-putri kita saat mereka menggunakan gadget. Jangan sampai mereka lupa dengan kewajiban dan tugas mereka sebagai siswa dan generasi yang harus membekali diri dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Jangan sampai kelengahan kita yang menghabiskan waktu di luar ruamh mengakibatkan anak-anak kita bebas mengakses situs negatif (terutama situs porno dan konten negative lainnya) yang nantinya berperan keras menghancurkan generasi muda sebagai penerus kemajuan bangsa,” terang Ny. Putri Koster dalam arahannya.

Baca Juga :  Buka Gendo Law Office Open Karate Championship 2024, Pj. Gubernur Bali Harap Kejuaraan Tumbuhkan Karakter Karateka Sejati 

Sementara Psikolog Diana Setiawati mengatakan bahwa tata cara pola asuh yang dilakukan oleh orang tua akan sangat mempengaruhi karakter anak ke depannya. Apapun yang mereka terima di masa pertumbuhannya akan menjadi landasan dan contoh yang akan ditiru mereka nantinya.

Sehingga sangat penting bagi orang tua untuk menanamkan sifat dan rasa empati terhadap lingkungan sekitar mereka berada dari sejak usia dini. Selain itu dengan mengutamakan diskusi dan komunikasi yang aktif akan menjadikan anak lebih terbuka terhadap orang tuanya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News