PPDB Kota Denpasar
Disdikpora Kota Denpasar menggelar Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di ruang sidang DPRD Kota Denpasar, Jumat (4/6/2021). Sumber Foto : ads/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Disdikpora Kota Denpasar menggelar Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di ruang sidang DPRD Kota Denpasar, Jumat (4/6/2021).

Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar AA Made Wijaya Asmara menyampaikan PPDB tahun ini sama dengan tahun lalu. Adapun jumlah tamatan SD di Kota Denpasar sebesar 13.835 orang, sedangkan daya tampung SMP Negeri sebesar 4.080 orang. Untuk siswa dengan KK Kota Denpasar berjumlah 9.725 orang dan KK luar Denpasar 4.110 orang.

Sementara pembagian jalur jenjang SMP Negeri meliputi Jalur Zonasi Kategori Umum sebesar 50 persen, Jalur Zonasi Kategori Dampak Covid-19 sebesar 20 persen, Jalur Afirmasi sebesar 5 persen, Jalur Prestasi Akademik sebesar 5 persen, Jalur Prestasi Non Akademik (Utsawa Dharma Gita/Lomba Bulan Bahasa Bali) sebesar 2 persen, Jalur Prestasi Non Akademik Olahraga sebesar 5 persen, Jalur Prestasi Non Akademik Seni sebesar 5 persen, Jalur Prestasi Non Akademik Pesta Kesenian Bali sebesar 6 persen, dab Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali sebesar 2 persen.

Terkait seleksi zonasi, ia menjelaskan menggunakan Nilai Hasil Belajar rata-rata dari kelas 4, 5, dan 6 semester 1 yang meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Baca Juga :  Rai Mantra Rangkul Organisasi Perempuan Ajak Sadar Sampah

“Kalau di daerah Sidakarya kan blank disana, makanya saya taruh di SMP 6. Bukan berarti yang di samping sekolah langsung dapat negeri, nggak. Nilai yang menentukan itu, bukan kedekatan. Ini kami sudah seadil-adilnya, malahan kita dijadikan contoh oleh Kemendikbud. Di dalam rapat kita dimonitor karena kita sebagai contoh PPDB di Indonesia. Dan sekarang pun ada wawancara Kemendikbud untuk kepala sekolah. Itu dilihat karena kita yang paling mendekati,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Denpasar I Ketut Suteja Kumara mengatakan PPDB ini memang menjadi kewajiban Disdikpora dalam rangka Undang-undang Wajib Belajar, bagaimana caranya mengoptimalisasi untuk menampung seluruh masyarakat Kota Denpasar yang masuk dalam wajib belajar ini.

Baca Juga :  Empat Pasien Covid-19 Meninggal, GTPP Wanti-wanti Protokol Kesehatan

“Jadi jangan sampai ada masyarakat kita tidak mengenyam dunia pendidikan pada saat usianya ada dalam usia wajib belajar,” pungkasnya.

Untuk mengunduh Petunjuk Teknis PPDB Kota Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022 bisa melalui link bit.ly/JuknisPPDBDenpasar. (ads/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini