Barista
Ketua Dekranasda Gianyar Tinjau Pelatihan Barista. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Minum kopi hampir seperti sebuah ritual wajib bagi sebagian besar masyarakat. Jika belum minum kopi, serasa belum lengkap. Apalagi saat ini minum kopi sambil kumpul-kumpul di café atau kedai kopi, tengah menjadi trend dikalangan anak muda. Kopi yang disajikan tidak lagi kopi hitam pekat, namun kopi dengan racikan tersendiri.

Seni racik meracik kopi atau dikenal dengan barista kini menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan di Gianyar. Apalagi saat ini, banyak orang lebih memilih kumpul, diskusi bahkan rapat dikedai sambil minum kopi.

“Saat ini trend minum kopi tidak hanya orang tua saja, kalangan anak mudapun menjadi penikmat kopi. Dan saya lihat makin banyak bermunculan coffee shop tidak hanya di daerah pariwisata, namun juga hingga ke desa-desa. Peluang inilah yang harus kita bidik,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra kala meninjau Diklat 3In1 (pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja) pengolahan dan penyajian kopi (Barista), yang dilaksanakan oleh Kementerian Perindustrian RI kerjasama dengan Dinas Perindag Kabupaten Gianyar  yang difasilitasi oleh anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Parta, SH,  dan Ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar di Balai Diklat Industri Denpasar, Selasa (1/6/2021).

Dijelaskan lagi, pelatihan diikuti oleh 50 orang peserta, selama 7 hari (27 Mei-2 Juni) dengan menyasar peserta dari kalangan anak muda milenial seperti sekolah pariwisata, SMK, hotel maupun kalangan professional di Kabupaten Gianyar. Dalam situasi masih tak menentu seperti ini, menurut Ny, Adnyani Mahayastra pelatihan barista ini dapat dijadikan modal bagi para peserta menjadi wirausahawan atau entrepreneur muda dalam memiliki skill dibidang seni racik meracik kopi.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

“Pelatihan ini kami sebut 3In1, karena peserta tidak hanya dilatih skill meracik kopi, namun juga mengikuti uji kompetensi dari penguji professional, sehingga dapat dijadikan dasar mencari pekerjaan atau menciptakan peluang kerja sendiri,” jelas Ny. Adnyani Mahayastra lagi.

Pelatihan barista ini merupakan program berkelanjutan yang digagas oleh Ny. Surya Adnyani Mahayastra, dengan melihat potensi bisnis kopi di Kabupaten Gianyar. Dan kedepannya lagi diharapkan kegiatan ini terus berlanjut. Karena menurut istri Bupati Gianyar Made Mahayastra ini, seni meracik kopi cukup menjanjikan. Kita bisa bekerja di hotel, restoran, coffee shop atau membuka usaha sendiri. Untuk itu ia berharap, peserta harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan, dan seusai mengikuti pelatihan, skill yang didapat tidak diendapkan begitu saja, namun harus dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha. Sebagai ketua Dekranasda Kabupaten Gianyar, dirinya tidak akan pernah berhenti berupaya untuk membantu anak-anak muda maupun pelaku UMKM di kabupaten Gianyar, untuk memberikan berbagai jenis pelatihan yang bermanfaat bagi mereka.

Baca Juga :  Erwin Soeriadimadja Ajak Masyarakat Bijak dalam Berbelanja di Tengah Kenaikan Harga

Dalam kunjungan ini Ny. Adnyani Mahayastra bersama Anggota Komisi VI DPR RI, Bapak I Nyoman Parta, SH., didampingi Kadis Perindag Kab. Gianyar, Luh Gede Eka Suary dan Kepala Balai Diklat Industri Kementerian Perindustrian RI, Zya Labiba serta beberapa pengurus Dekranasda Kabupaten Gianyar.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News