Pande Besi
Kembangkan Inovasi dan Diversifikasi Produk, Disperindag Bali Gelar Bimtek Produk Pande Besi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Guna meningkatkan kualitas produk serta memperkaya desain dari produk kerajinan, khususnya kerajinan pande besi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali melaksanakan Bimbingan teknis (Bimtek) Desain dan Diversifikasi Produk Pande Besi yang diadakan di Br. Sidan Kelod, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar.

Kegiatan yang menyasar sekitar 30 orang pengrajin pande besi tersebut, diharapkan pula mampu menumbuhkan jiwa wirausaha sekaligus menciptakan sentra-sentra baru kerajinan di Pulau Dewata.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali, I Wayan Jarta dalam pembukaan Bimtek yang diselenggarakan pada 14-18 Juni 2021 tersebut menekankan bahwa standar mutu produk adalah hal yang mutlak diperlukan dewasa ini ditengah persaingan baik dalam di dalam dan luar negeri.

“Standar mutu bukanlah sekedar nilai tambah, tapi juga suatu prasyarat bagi sebuah produk untuk dapat masuk dan diterima pasar,” tandas Jarta.

Baca Juga :  Bangga Merah Putih Mendunia Sukses Gelar BARATI Cup Bali 2024, 52 Pemain Tergabung dalam Skuad Berlaga ke Swedia

Terlebih menurutnya, semakin tinggi pula kesadaran konsumen akan pilihan-pilihan suatu produk yang akan dibeli menyebabkan standar kualitas menjadi amat penting di mata konsumen saat ini.

Pun demikian dengan kerajinan pande besi yang sudah menjadi warisan turun-temurun dari zaman Bali kuno yang hingga kini masih tersebar keberadaannya di kawasan pedesaan di seantero Bali.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News