Mangrove
TNI Bersama Warga Tanam Mangrove di Pantai Pasut. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Abrasi pantai saat ini menjadi salah satu ancaman di pesisir selatan wilayah Bali, termasuk di Pantai Pasut, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

Hal tersebut disampaikan Danramil 1619-05/Kerambitan seijin Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto saat melakukan penanaman pohon mangrove bersama Personel Koramil Kerambitan dengan mengajak para pemuda setempat, pada Selasa (22/6/2021).

Menurut Danramil, Kapten Inf I Nengah Sudiana yang asal Kerambitan ini mengatakan bahwa saat ini pihaknya bekerja sama dengan desa yang berada di wilayah pantai dan instansi terkait untuk melakukan penghijauan di sekitar pesisir pantai di wilayahnya, untuk mengurangi dampak dari abrasi pantai.

Kegiatan ini juga untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah abrasi pantai di Kabupaten Tabanan khususnya di wilayah Kerambitan sendiri yang memiliki wilayah pantai yang cukup panjang terbentang dari timur berbatasan dengan Kecamatan Tabanan dan sampai ke barat berbatasan dengan Kecamatan Selemadeg Timur.

Baca Juga :  Sanjaya “Entry Meeting” Bersama Kepala BPK Bali

“Perlu dilakukan penghijauan dengan menanam tanaman jenis mangrove yang memang jenis tanaman pantai dan muara sungai untuk membendung air laut saat air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi kedepannya,” jelasnya.

Menurut Danramil mangrove sangat bermanfaaf untuk mencegah abrasi dan penyerap karbon yang luar biasa dan mangrove jenis tumbuhan yang hidup di lumpur air payau, pihaknya dengan desa setempat kali ini menanam sekitar 200 pohon mangrove.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan sehingga seluruh pesisir terutama muara sungai dan pantai yang berlumpur dapat ditanami mangrove, selain sebagai penahan abrasi hutan mangrove nantinya akan menjadi daya tarik obyek wisata tersendiri bagi wisatawan.

“Kegiatan kali ini kita lakukan penanaman mangrove di muara Sungai Yeh Ho, Banjar Pasut, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan juga bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan peduli dengan lingkungan dan bersama menjaga pantai untuk mengurangi abrasi,” pungkasnya. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini