MoU
Bupati Giri Prasta saat penandatanganan MoU dengan Kepala Ombudsman Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, Jumat (4/6/2021) di Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Badung, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta melaksanakan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) dengan Kepala Ombudsman Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, Jumat (4/6/2021) bertempat di Hotel Inna Denpasar. Penandatanganan MoU ini disaksikan secara langsung oleh pimpinan Ombudsman RI Johanes Widijantoro.

Usai melaksanakan penandatanganan MoU, Bupati Giri Prasta menyatakan semenjak menjabat sebagai Bupati, pihaknya berkomitmen melaksanakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Badung dengan ombudsman RI berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Badung. Karena menurut Giri Prasta pemerintah daerah membutuhkan pengawasan baik secara internal maupun secara eksternal.

Baca Juga :  Laksana Becik Gandeng SD No. 4 Tuban, Gencarkan Program Edukasi dan Pengembangan Apotek Hidup

“Badung sudah memberikan ruang sepenuhnya kepada Ombudsman RI Perwakilan Bali untuk masuk melakukan pengawasan edukasi dan pendampingan terkait transparansi taat asas berkaitan urusan APBD Kabupaten Badung. Bicara tentang pelayanan publik, dengan keberadaan mal pelayanan publik di Badung bisa memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat baik itu ijin atau lainnya,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Giri Prasta menambahkan, keberadaan Ombudsman RI juga bisa mendorong pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi respon time pelaksanaan sebuah persoalan yang ada.

“Contoh di Badung apabila terjadi kebakaran, sebelum 15 menit Dinas Damkar harus sudah ada di lokasi, Dishub sterilkan lalu lintas melalui ATCS, Pol PP sudah mensterilkan lokasi agar petugas tidak terganggu saat bekerja, Diskes sudah ada di tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan. Kemudian besoknya Dinas Perkim melakukan bedah rumah bersamaan itu Dinas Sosial memberikan bantuan pakaian dan seterusnya, sehingga 6 OPD bergerak bersama menyelesaikan satu persoalan dan masyarakat terlayani dengan tuntas,” jelasnya.

Sementara itu Pimpinan Ombudsman RI Johanes Widijantoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ombudsman RI hadir di Bali secara khusus untuk melihat secara langsung dampak pandemi yang sangat luar biasa di Bali.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News