Bedah Rumah
Bupati Suwirta Entaskan Semua Kemiskinan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Inovasi Bedah Desa yang dilakukan secara berkesinambungan kini sudah semua desa dibedah. 53 Desa dan 6 Kelurahan dituntaskan dari tahun 2016. Desa pertama yang dibedah Bupati Suwirta yakni Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida dan petualangan berakhir di Desa Kutampi dan Desa Klumpu, Kecamatan Nusa Penida, Jumat (25/6/2021).

Cuaca mendung serta ditemani hujan gerimis tak menurunkan semangat Bupati Suwirta blusukan dari pagi, sore hingga larut malam dari satu tempat ke tempat lainnya menelusuri gang-gang pemukiman guna mengatasi permasalahan yang ada di desa seperti, keluarga miskin, air bersih, infrastrukur, pendidikan dan potensi desa yang menjadi persoalan dasar di masyarakat belum sepenuhnya bisa diselesaikan.

Baca Juga :  Tepat Usia 33, Yongki Perdana Luncurkan Dua Varian Parfume dengan Harga Terjangkau

Adapun evaluasi dari Bedah Desa Kutampi, ada beberapa temuan yang menjadi perhatian serius Bupati Suwirta yaitu keluarga miskin masih banyak yang belum ditangani. Data DTKS kebanyak tidak aktif.

“Kalau tidak aktif bisa di keluarkan, agar warga kita benar-benar bisa menerima haknya dan ODGJ bisa didaftarkan agar bisa menerima haknya juga,” ujar Bupati Suwirta dalam perjalanan bedah desa.

Masalah infrastruktur jalan yakni pengalihan status jalan desa menjadi jalan Kabupaten. Sampah juga menjadi perhatian khusus, sampah masih berserakan diladang, belum ada tempat pengolahan sampah. Pihaknya meminta desa untuk melakukan gerakan Gema Tansaplas (Gerakan Puputan Sampah Plastik).

Masalah pendidikan, SD 3 Kutampi akan di-regrouping. Regrouping ini merupakan upaya untuk mengatasi kekurangan tenaga guru, peningkatan mutu serta efisiensi biaya bagi perawatan gedung sekolah.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News