Menhan
Menhan Prabowo Terima Kunjungan Perwakilan Tinggi Uni Eropa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan High Representative of the Union for Foreign Affairs and Security Policy European Union (Perwakilan Tinggi Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Uni Eropa), H.E. Josep Borrell Fontelles, Kamis (3/6/2021) di Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Seperti yang dikutip dari laman Kemhan.go.id, kunjungan perwakilan tinggi Uni Eropa kepada Menhan RI tersebut adalah bagian dari rangkaian kunjungan H.E. Josep Borrell Fontelles di Indonesia, yang juga dijadwalkan juga akan mengunjungi Presiden RI Joko Widodo, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Baca Juga :  PLN Kembali Raih Best Green Loan Internasional atas Akselerasi Transisi Energi

Tujuan dari Kunjungan Kehormatan tersebut, sebagai upaya memperdalam hubungan kerja sama dengan Indonesia sebagai salah satu mitra penting Uni Eropa, terlebih Indonesia dinilai sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, yang memiliki peranan penting dalam konteks kerja sama Uni Eropa dengan ASEAN dan Indo-Pasifik.

Kepada Menhan, H.E. Josep Borrell Fontelles menyampaikan keinginan Uni Eropa untuk lebih meningkatkan kerja sama bidang pertahanan dengan Indonesia seperti halnya latihan multilateral Komodo Exercise dan Atlanta yang telah dilaksanakan selama ini.

Baca Juga :  Mobil Listrik Tambah Banyak, PLN Siagakan 1.124 SPKLU Tersebar untuk Para Pemudik

Selain itu, Uni Eropa juga berkeinginan untuk menjadi observer dalam pertemuan Menteri Pertahanan tingkat ASEAN (ADMM/ADMM Plus) karena sejalan dengan pandangan Uni Eropa sebagai salah satu upaya meningkatkan security community yang saling berkaitan dan melengkapi dalam komunitas besar dunia (Interlink dan Intertwined). (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News